​Pemprov Jatim Ambil Langkah Cepat Cegah Kebakaran Gunung Panderman Meluas

​Pemprov Jatim Ambil Langkah Cepat Cegah Kebakaran Gunung Panderman Meluas Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur mengambil langkah cepat menangani kebakaran yang melanda lereng Gunung Panderman sejak Minggu (21/7) malam. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kehutanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim segera mengambil tindakan cepat dan strategis untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas.

“Saya sudah memerintahkan Kepala Dinas Kehutanan dan Kepala BPBD Jatim untuk mencegah kebakaran ini meluas dan saya terus memantau perkembangannya setiap saat,” kata Khofifah, sapaan lekat Gubernur Jatim ini di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Selasa (23/7).

Menurutnya, sampai dengan Senin (22/7) sore pukul 15.00 WIB, telah dilakukan pemadaman api di tiga titik yakni titik Parang Putih dan Tingsen, serta titik Puncak. Di titik Parang Putih dan Tingsen.

Api skala kecil sudah dapat dipadamkan dan sudah dibuat sekat bakar ringan serta pembakaran terbalik pada lokasi yang terjangkau. Untuk lokasi yang sulit terjangkau (terjal) serta api skala besar belum bisa dipadamkan secara konvensional. Sedangkan di titik puncak api sudah dapat dikendalikan.

“Pagi ini pukul 07.00 WIB telah dilaksanakan apel pagi penanganan lanjutan dengan titik kumpul di Rach Megastar. Penanganan ini akan menggunakan metode sekat bakar dengan estimasi panjang 5 km lebar 3 meter dan pembakaran terbalik,” terangnya.

Penanganan lanjutan ini melibatkan personil tambahan yang berasal dari Perhutani KPH Malang (30 Orang), BPBD (50 Orang), LMDH (90 Orang), KTH Pandean dan LPL Bumi Hijau (15 Orang). Serta personil Kepolisian, TNI, para relawan dan juga dengan dukungan penuh dari Pemkot Batu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO