Selasa, 20 Agustus 2019 13:18

​Arumi Bachsin: Kader Posyandu Jadi Ujung Tombak Masyarakat Sadar Kesehatan

Kamis, 18 Juli 2019 21:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Arumi Bachsin: Kader Posyandu Jadi Ujung Tombak Masyarakat Sadar Kesehatan
Arumi Bachsin saat menghadiri Pembukaan Jambore Kader Posyandu Tahun 2019 di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel, Jl. Abdul Gani Atas Kota Batu. foto: ist

BATU, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak menyampaikan, bahwa kader posyandu merupakan ujung tombak PKK dalam menggerakkan masyarakat utamanya dalam membangun perilaku hidup bersih dan sehat.

“Disamping itu mereka juga selalu memantau kesehatan masyarakat utamanya melalui posyandu,” jelas Arumi Bachsin saat menghadiri Pembukaan Jambore Kader Posyandu Tahun 2019 di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel, Jl. Abdul Gani Atas Kota Batu, Rabu (17/7).

Arumi menyampaikan, kader posyandu adalah garda terdepan yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk peduli pada kesehatan balita, ibu hamil dan kesadaran akan hidup bersih dan sehat.

“Jambore kader posyandu ini merupakan wahana untuk memberikan reward, edukasi dan refreshing bagi kader posyandu terbaik di Jawa Timur yang merupakan wakil dari 38 Kabupaten/Kota,” kata Arumi.

Melihat pentingnya peran para kader PKK dalam keikutsertaannya membangun kesehatan di tengah-tengah masyarakat, khususnya membangun posyandu, Istri Wagub Jatim ini berharap agar acara jambore kader PKK dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, agenda rutin dua tahunan TP PKK Prov. Jatim ini bisa dijadikan wahana edukasi bagi para kader posyandu.

Karena, sebut Arumi, selain berisi agenda penyuluhan, acara jambore PKK ini juga sebagai ajang kesempatan untuk berbagi pengalaman dan inovasi sesama kader posyandu di Jawa Timur.

Sehingga, melalui jambore ini diharapkan dapat muncul berbagai inovasi yang dapat diimplementasikan di daerah mereka masing-masing.

“Bagaimana tidak ditunggu tunggu? Karena pada saat seperti ini lah kita bisa shearing, melihat perkembangan di Kabupaten kita sendiri dan membandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya. Dan kemudian kita jadikan masukan, inovasi, inspirasi untuk membuat inovasi-inovasi baru di tempat kita berkarya,” ujar Arumi.

Lebih lanjut Arumi menyampaikan, momen jambore kader posyandu ini memberi ruang kepada para kader untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan. Selain itu, mereka juga bisa berkompetisi secara sehat dalam berbagai lomba yang diselenggarakan.

“Saya berharap para kader juga saling berbagi dan memberi inspirasi agar inovasi di posyandu selalu muncul dan berkembang, sehingga posyandu semakin menarik dan meningkat kinerjanya,” harapnya. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...