Selasa, 20 Agustus 2019 13:18

​Pemkab Pamekasan Gelar Pentas Seni dan Budaya Tradisional Madura 2019 di TMII

Selasa, 16 Juli 2019 17:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
​Pemkab Pamekasan Gelar Pentas Seni dan Budaya Tradisional Madura 2019 di TMII

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang bekerja sama dengan Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur menggelar Pentas Seni dan Budaya Tradisional Madura 2019 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur yang dilaksanakan dari tanggal 12 s/d 15 Juli 2019.

Pentas seni dan budaya kali ini mengambil tema "Merajut Rasa Cipta dan Karsa menuju Pamekasan Hebat, Melalui Gerak dan Lagu Madura atau drama tari berjudul Marlena dan Durrahem"

Acara yang juga sebagai ajang temu kangen tokoh Madura di TMII ini, dihadiri secara langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi Sekdakab Totok Hartono dan Kadisparbud Achmad Syaifuddin untuk bersilaturrahmi dengan para tokoh nasional dan tokoh Madura yang berada di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, pihaknya patut bersyukur karena setiap tahun mendapat kesempatan untuk mengenalkan seni dan budaya daerah Kabupaten Pamekasan di Anjungan Jawa Timur TMII.

"Saya berharap agar misi kebudayaan ini tidak hanya sebagai media tontonan semata, tetapi yang paling penting dapat membangun komunikasi dengan tokoh – tokoh nasional di Jakarta khususnya yang punya perhatian terhadap kemajuan Pamekasan," kata Baddrut.

Karena itu, Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Pamekasan ini disamping sebagai sarana melepas rasa kangen atau kerinduan para tokoh asal Madura di Jakarta. 

"Sekaligus menjadi media untuk membangun komunikasi yang lebih intensif dengan tokoh-tokoh nasional yang hadir sehingga kita bisa bersama-sama memajukan daerah yang kita cintai," ujarnya.

Baddrut juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para Tokoh Perantauan asal Madura di Jakarta dan para seniman dan budayawan juga kepada Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah.

"Terima kasih kepada para seniman, budayawan, dan pihak lain yang telah berkarya dengan penuh kreativitas sehingga melahirkan sajian karya seni yang kita saksikan saat ini," ungkap Baddrut yang baru di tunjuk sebagai ketua bidang hubungan internasional di APKASI.

Dalam acara ini juga disajikan kuliner khas Pamekasan dan pameran produk unggulan Pamekasan di antaranya batik tulis Pamekasan. Baru-baru ini batik tulis Pamekasan ke Tanzania.

"Alhamdulillah mendapat apresiasi yang luar biasa. Bahkan Duta besar RI untuk Tanzania Prof. Dr. Ratlan Pardede mewajibkan seluruh staf kedutaan untuk memakai seragam batik Pamekasan setiap hari Senin hingga Rabu," pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Pamekasan Achmad Syaifuddin mengatakan, untuk pentas seni dan budaya di TMII, Pamekasan mengirimkan duta seni dan produk-produk unggulan Bumi gerbang salam.

"Kita mengirimkan duta seni dan produk unggulan untuk mempromosikan Pamekasan kepada yang hadir di sana supaya tertarik untuk datang ke Pamekasan," tutur mantan Kadis PU Pengairan Pamekasan.

Acmad juga menjelaskan bagaimana duta seni memberikan hiburan berbagai seni klasik dan modern, tari penyambutan, musikalisasi puisi, lagu-lagu Madura dan fashion batik Pamekasan serta drama tari Durahem dan Marlena.

"Pameran batik, promosi campur lorjuk (red, kerang bambu) dan krupuk tangguk (red, krupuk raksasa) banyak dikunjungi dan diminati oleh para tamu di TMII," pungkasnya. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...