​Pelaku UMKM di Kota Blitar Dilatih Manajemen Ritel

​Pelaku UMKM di Kota Blitar Dilatih Manajemen Ritel

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Agar mampu bersaing dengan produk-produk ternama, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Blitar mendapat pembinaan dan pelatihan menajemen toko moderen. Ada sekitar 100 UMKM pada kegiatan yang digelar, Selasa (16/7/2019). Kegiatan ini digelar pengelola toko moderen Alfamart.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada pelaku UMKM. Harapannya ke depan pelaku UMKM mampu bersaing di pasaran dengan produk moderen. Sentra produk UMKM bisa merambah pasar toko modern.

Pelatihan ini dihadiri Asisten Umum dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Wikandrio. Dalam sambutanya Wikandrio mengatakan, pihaknya menyambut baik pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM. Menurut dia, pelatihan ini sangat bagus di tengah semakin menjamurnya pasar modern di Kota Blitar.

"Bagus sekali bila bisa mempertemukan antara pelaku UMKM dan pengelola toko modern untuk berkolaborasi. Keberadaan toko modern harus bisa mengembangkan UMKM di Kota Blitar. Toko modern bisa menjadi tempat untuk memasarkan produk unggulan UMKM di Kota Blitar. Maka itu perlu ada pelatihandan pendampingan untuk para pelaku UMKM," ungkap Wikandrio.

Sementara Wakil Kepala Cabang Alfamart Malang Prima Widyasmara mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian upaya untuk pemberdayaan pelaku UMKM. Agar produknya bisa bersaing dan dijual di toko modern. Untuk menembus itu, para pelaku UMKM harus paham dengan manajemen di toko moderen.

Dikatakannya, Alfamart juga membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya di gerai Alfamart. Sejauh ini, sudah ada beberapa pelaku UMKM yang ikut memasarkan produknya di Alfamart. 

"Kami berharap setelah pelatihan ini kedepan pelaku UMKM Kota Blitar dapat menyusul daerah lain seperti Kabupaten Blitar, Trenggalek, Kediri dan Kota Batu memasarkan produknya di gerai Alfamart.

"Kami membina dan melatih para pelaku UMKM agar produk yang mereka produksi bisa masuk ke toko modern. Kami berharap produk UMKM Kota Blitar setelah pelatihan ini nantinua bisa masuk ke toko modern seperti di beberapa daerah lain yang masuk wilayah Alfamart Cabang Malang. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO