Sabtu, 15 Mei 2021 15:57

Silpa APBD 2019 Tembus Rp 300 Miliar, DPRD Minta DPUTR Lakukan Perencanaan Lebih Awal

Selasa, 16 Juli 2019 13:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Silpa APBD 2019 Tembus Rp 300 Miliar, DPRD Minta DPUTR Lakukan Perencanaan Lebih Awal
Bupati LSM FPSR Aris Gunawan menunjukkan jalan Mulung-Kasamben Wetan Driyorejo yang rusak parah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tingginya angka sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) pada APBD 2019 Kabupaten Gresik yang tembus sampai Rp 300 miliar mendapat perhatian dari DPRD setempat.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua DPRD Gresik H. Ahmad Nurhamim mengakui angka Silpa APBD 2019 mencapai Rp 300 miliar lebih. Menurut ia, Silpa sebesar itu hasil akumulasi Silpa pada APBD 2018 dan 2019.

"Jadi, Silpa itu didapatkan dari kegiatan atau program di 2018 dan 2019 yang tak terserap 100 persen maupun tak bisa dilaksanakan. Sejatinya, DPRD telah menuruti pengajuan masing-masing OPD pada setiap pembahasan anggaran. Namun, faktanya OPD tak bisa mengeksekusi program yang diajukan," ungkap Ketua DPD Golkar Gresik ini.

Ia menyontohkan proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). "Ada sejumlah proyek yang pelaksanaan dan penyerapan anggaran tak bisa 100 persen karena terkendala waktu. Sehingga, berbuah Silpa. Juga program-program lain," terangnya.

BACA JUGA : 

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Hingga Bulan Mei, PAD di BPPKAD Gresik Baru Tercapai 24 Persen

DPRD Gresik Minta Insentif Guru Ngaji Cair Sebelum Lebaran

DPRD Gresik Gandeng FITRA Bedah RPJMD, APBD 2021-2026 Diproyeksikan Rp4,9 T

Untuk itu, pada pembahasan P-APBD 2019 ini DPRD meminta agar DPUTR membuat perencanaan lelang lebih awal, sehingga pelaksanaan proyek punya jeda waktu panjang. "November-Desember 2019 ini perencanaan proyek di 2020 sudah harus dilakukan, sehingga bulan Januari-Februari 2020 lelang atau pengerjaan proyek bisa dimulai. Sehingga rekanan punya waktu panjang untuk mengerjakan," pungkasnya. 

Sementara itu, kekecewaan atas tingginya Silpa juga disampaikan Bupati LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR), Aris Gunawan. Menurutnya, Silpa yang tinggi itu dikarenakan Pemkab Gresik maupun DPRD yang kurang peka terhadap kebutuhan rakyatnya.

"Padahal, saat ini banyak problematika rakyat yang tak bisa dituntaskan oleh pemerintah dengan alibi terbentur anggaran. Tapi ternyata, ada Silpa yang begitu tinggi," ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (16/7).

Ia kemudian menyontohkan kerusakan jalan yang tak kunjung tersentuh oleh perbaikan, serta banjir Kali Lamong yang tiap tahun terjadi. Menurutnya, Silpa sebesar itu seharus bisa dimanfaatkan untuk mengatasi problem-problem tersebut.

Selain itu, Putra Gresik Selatan yang ingin maju menjadi Cabup Gresik 2020 ini juga mengungkapkan problematika pendidikan. "Banyak fasilitas pendidikan rusak dan tak layak belum tersentuh perbaikan," urainya.

Terkait tingginya Silpa ini, ia menduga akibat tak cermatnya pemerintah dalam perencanaan program. "Atau faktor kesengajaan? Sebab, ada laporan ke LSM bahwa adanya larangan OPD membelanjakan sejumlah pos. Sehingga, kondisi ini berbuah Silpa tinggi," pungkasnya. (hud/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...