Kamis, 22 Agustus 2019 19:33

Silpa APBD 2019 Tembus Rp 300 Miliar, DPRD Minta DPUTR Lakukan Perencanaan Lebih Awal

Selasa, 16 Juli 2019 13:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Silpa APBD 2019 Tembus Rp 300 Miliar, DPRD Minta DPUTR Lakukan Perencanaan Lebih Awal
Bupati LSM FPSR Aris Gunawan menunjukkan jalan Mulung-Kasamben Wetan Driyorejo yang rusak parah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tingginya angka sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) pada APBD 2019 Kabupaten Gresik yang tembus sampai Rp 300 miliar mendapat perhatian dari DPRD setempat.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua DPRD Gresik H. Ahmad Nurhamim mengakui angka Silpa APBD 2019 mencapai Rp 300 miliar lebih. Menurut ia, Silpa sebesar itu hasil akumulasi Silpa pada APBD 2018 dan 2019.

"Jadi, Silpa itu didapatkan dari kegiatan atau program di 2018 dan 2019 yang tak terserap 100 persen maupun tak bisa dilaksanakan. Sejatinya, DPRD telah menuruti pengajuan masing-masing OPD pada setiap pembahasan anggaran. Namun, faktanya OPD tak bisa mengeksekusi program yang diajukan," ungkap Ketua DPD Golkar Gresik ini.

Ia menyontohkan proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). "Ada sejumlah proyek yang pelaksanaan dan penyerapan anggaran tak bisa 100 persen karena terkendala waktu. Sehingga, berbuah Silpa. Juga program-program lain," terangnya.

Untuk itu, pada pembahasan P-APBD 2019 ini DPRD meminta agar DPUTR membuat perencanaan lelang lebih awal, sehingga pelaksanaan proyek punya jeda waktu panjang. "November-Desember 2019 ini perencanaan proyek di 2020 sudah harus dilakukan, sehingga bulan Januari-Februari 2020 lelang atau pengerjaan proyek bisa dimulai. Sehingga rekanan punya waktu panjang untuk mengerjakan," pungkasnya. 

Sementara itu, kekecewaan atas tingginya Silpa juga disampaikan Bupati LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR), Aris Gunawan. Menurutnya, Silpa yang tinggi itu dikarenakan Pemkab Gresik maupun DPRD yang kurang peka terhadap kebutuhan rakyatnya.

"Padahal, saat ini banyak problematika rakyat yang tak bisa dituntaskan oleh pemerintah dengan alibi terbentur anggaran. Tapi ternyata, ada Silpa yang begitu tinggi," ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (16/7).

Ia kemudian menyontohkan kerusakan jalan yang tak kunjung tersentuh oleh perbaikan, serta banjir Kali Lamong yang tiap tahun terjadi. Menurutnya, Silpa sebesar itu seharus bisa dimanfaatkan untuk mengatasi problem-problem tersebut.

Selain itu, Putra Gresik Selatan yang ingin maju menjadi Cabup Gresik 2020 ini juga mengungkapkan problematika pendidikan. "Banyak fasilitas pendidikan rusak dan tak layak belum tersentuh perbaikan," urainya.

Terkait tingginya Silpa ini, ia menduga akibat tak cermatnya pemerintah dalam perencanaan program. "Atau faktor kesengajaan? Sebab, ada laporan ke LSM bahwa adanya larangan OPD membelanjakan sejumlah pos. Sehingga, kondisi ini berbuah Silpa tinggi," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...