Kamis, 19 September 2019 14:26

​Hanggar Pesawat Kecil Hingga Bandara Pesawat Amfibi akan Ada di Sumenep

Jumat, 12 Juli 2019 23:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Hanggar Pesawat Kecil Hingga Bandara Pesawat Amfibi akan Ada di Sumenep
Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep tak patah arang untuk mengembangkan Bandara Trunojoyo yang telah dikomersilkan sejak tahun 2018.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menuturkan, bandara di ujung pulau Madura itu akan dikembangkan dengan fasilitas hanggar khusus pesawat kecil. Dengan begitu, Fauzi bermimpi Bandara Trunojoyo akan menjadi pusat bengkel pesawat kecil di Indonesia.

"Jadi kalau itu sudah terwujud, servisnya pesawat ATR-72, perintis, jet, akan ke sini semua. Jadi, tidak perlu lagi ke Singapura," kata Fauzi kepada wartawan di Surabaya, Jumat (13/7).

Fauzi menjelaskan, untuk mewujudkan mimpi besarnya itu, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan salah satu perusahaan BUMN. Bahkan, pihak ketiga yang akan berinvestasi itu sudah melihat langsung kondisi Bandara Trunojoyo.

"Ada pihak ketiga, kemarin sudah turun ke lapangan," imbuhnya.

Berdasarkan rencana, hanggar tersebut akan dibangun empat. Dengan begitu, masih perlu perluasan lahan sekira tiga hektare. Guna tidak mengganggu aktivitas penerbangan, maka landasan pacu pesawat komersil akan dibuat baru tepatnya di sisi utara.

"Kita bikin runway baru yang sekiranya cukup untuk pesawat jenis Boeing," terangnya.

Selain itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep itu juga menyampaikan target pembangun lainnya, seperti membuat pelabuhan udara khusus untuk pesawat amfibi jenis perintis Airfast. Proyek yang akan jadi percontohan itu terletak di Pulau Masalembu.

"Nanti take off-nya dari bandara darat, landing-nya di atas air," terang penulis buku 'Saatnya Move On' ini," kepala daerah berusia muda tersebut.

Saat ini, kata Fauzi, pihaknya masih menunggu hasil kajian yang dilakkukan oleh Kementrian Perhubungan. Melihat kondisi Sumenep yang mimiliki banyak Pulau, Fauzi berhap hal itu bisa terwujud.

"Masih di kaji. Tapi saya yakin bisa, kalau di Masalembu sudah bisa, maka pulau lain tinggal buka trayek," pungkas Fauzi. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...