​Arumi Emil Dardak Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Kecerdasan Anak

​Arumi Emil Dardak Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Kecerdasan Anak Arumi Emil Dardak terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan terutama bagi ibu hamil dan anak-anak. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kandungan protein dan vitamin yang terkandung dalam ikan sangat baik untuk kesehatan terutama kecerdasan anak. Apalagi, kecerdasan dan pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh 1.000 hari pertama kehidupan. 

Untuk itu, Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jatim, Arumi Emil Dardak terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Pertemuan Forikan Jatim dan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2019 di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (11/7).

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar masyarakat terutama anak-anak tertarik mengkonsumsi ikan, salah satunya dengan mengolah ikan menjadi masakan yang menarik. Oleh karena itu, Arumi sangat mengapresiasi lomba masak ini sebagai salah satu inovasi mengembangkan produk makanan berbahan dasar ikan dan memasyarakatkan gemar makan ikan.

“Saya berharap melalui lomba ini dapat tercipta berbagai masakan berbahan dasar ikan yang enak, lezat dan sehat, serta dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Terutama bagi ibu-ibu yang kreatif diharapkan bisa menjadi wirausahawan baru yang bergerak dalam usaha masakan dari ikan,” kata Arumi yang juga menjabat Ketua TP PKK Provinsi Jatim ini.

Arumi mengatakan, seorang ibu memiliki peran penting dalam menjaga kebutuhan gizi keluarganya, terutama anak-anak. Kebiasaan mengkonsumsi makanan di luar rumah menurutnya harus mulai diubah dengan kebiasaan makan bersama di rumah, tentunya dengan menu bergizi dan sehat hasil masakan sendiri.

“Di meja makan selain kita dapat makan makanan yang bergizi, kita juga bisa quality time bersama keluarga. Mulai pukul 18.00-21.00 adalah waktu yang pas untuk meningkatkan interaksi keluarga. Jadi untuk ibu jangan ragu untuk masak sendiri terutama ikan untuk keluarga,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Forikan Nasional, Dr. Djoko Maryono mengatakan, protein ikan memberi kontribusi terbesar dalam kelompok sumber protein hewani, sekitar 51,7 persen. Selain itu ikan mengandung lemak, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dan mudah dicerna.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO