Tahun Ini, Pemprov Jatim Kembali Buka Rekrutmen CPNS

Tahun Ini, Pemprov Jatim Kembali Buka Rekrutmen CPNS Anom Surahno, Kepala BKD Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tahun ini Pemprov Jawa Timur kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim mengimbau agar masyarakat yang berminat mendaftar untuk segera mempersiapkan diri menghadapi rangkaian seleksi yang akan dihadapi.

Khusus tahun ini, Pemprov Jatim telah mengusulkan ke Kementerian PAN-RB sebanyak 2.176 lowongan untuk CPNS dan 996 lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Sama (PPPK). Kepala BKD Jatim, Anom Surahno menuturkan, melihat jadwal dari pemerintah pusat, pendaftaran diperkirakan akan dimulai pada awal Agustus atau bulan depan.

“Silakan mulai mempersiapkan diri. Khususnya untuk menyiapkan kelengkapan administrasi seperti ijazah dan sebagainya,” tutur Anom, Kamis (11/7).

Kesiapan ini, lanjut dia, penting karena jangan sampai ketika sudah diterima dianulir karena ada keselahan administrasi. Misalnya terkait linearisasi prodi dengan lowongan, atau akreditasi prodi.

“Tahun lalu ada yang kita anulir karena pendaftar yang lolos ternyata akreditasi disebutkan tidak sesuai dengan akreditasi pada saat dia lulus. Jadi akreditasi prodi itu terhitung saat pendaftar itu lulus dari perguruan tinggi,” imbuh mantan Kabag Humas Pemprov Jatim itu.

Koreksi ini, lanjut Anom, tidak hanya dilakukan saat seleksi administrasi. Kendati pendaftar telah lolos pada saat seleksi administrasi, publik juga dapat mengoreksi pesaingnya. Sebab, pengumuman dilakukan dalam jaringan (Daring).

“Kita tetap bekerja sama dengan BKN (Badan Kepegawaian Nasional) untuk pelaksanaan CAT (Computer Assisted Test) dan sarana pendukungnya,” ujar alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO