Kamis, 13 Agustus 2020 04:01

Tahun Ini, Pemprov Jatim Kembali Buka Rekrutmen CPNS

Kamis, 11 Juli 2019 22:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Tahun Ini, Pemprov Jatim Kembali Buka Rekrutmen CPNS
Anom Surahno, Kepala BKD Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tahun ini Pemprov Jawa Timur kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim mengimbau agar masyarakat yang berminat mendaftar untuk segera mempersiapkan diri menghadapi rangkaian seleksi yang akan dihadapi.

Khusus tahun ini, Pemprov Jatim telah mengusulkan ke Kementerian PAN-RB sebanyak 2.176 lowongan untuk CPNS dan 996 lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Sama (PPPK). Kepala BKD Jatim, Anom Surahno menuturkan, melihat jadwal dari pemerintah pusat, pendaftaran diperkirakan akan dimulai pada awal Agustus atau bulan depan.

“Silakan mulai mempersiapkan diri. Khususnya untuk menyiapkan kelengkapan administrasi seperti ijazah dan sebagainya,” tutur Anom, Kamis (11/7).

Kesiapan ini, lanjut dia, penting karena jangan sampai ketika sudah diterima dianulir karena ada keselahan administrasi. Misalnya terkait linearisasi prodi dengan lowongan, atau akreditasi prodi.

“Tahun lalu ada yang kita anulir karena pendaftar yang lolos ternyata akreditasi disebutkan tidak sesuai dengan akreditasi pada saat dia lulus. Jadi akreditasi prodi itu terhitung saat pendaftar itu lulus dari perguruan tinggi,” imbuh mantan Kabag Humas Pemprov Jatim itu.

Koreksi ini, lanjut Anom, tidak hanya dilakukan saat seleksi administrasi. Kendati pendaftar telah lolos pada saat seleksi administrasi, publik juga dapat mengoreksi pesaingnya. Sebab, pengumuman dilakukan dalam jaringan (Daring).

“Kita tetap bekerja sama dengan BKN (Badan Kepegawaian Nasional) untuk pelaksanaan CAT (Computer Assisted Test) dan sarana pendukungnya,” ujar alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tersebut.

Terkait formasi yang akan dibuka, Anom mengaku hingga kini masih menunggu kepastian dari pusat. Namun, prinsip yang digunakan pemerintah adalah zero growth. Artinya, tidak ada penambahan jumlah PNS setiap tahunnya. Jumlah yang diusulkan tersebut merupakan angka dari jumlah PNS yang pensiun tahun ini.

“Tahun lalu kita mendapat kuota 2.242 lowongan, tapi hanya bisa memenuhi 1.964 lowongan. Sisanya yang tidak terisi tidak ditambah ke usulan tahun ini, tetapi dibiarkan kosong. Jadi semakin lama tentunya akan semakin berkurang jumlah PNS kita,” ungkap Anom.

Terkait batas usia, Anom mengaku hingga saat ini tidak ada diskresi terhadap UU ASN Nomor 5 tahun 2014. Batas usia maksimal tetap 35 tahun untuk pendaftar CPNS.

“Tidak ada diskresi untuk dokter spesialis. Jadi solusi yang paling memungkinkan adalah dengan pengangkatan PPPK,” tandas Anom.

Pengangkatan PPPK ini, lanjut dia, juga hanya dibuka untuk honorer K2 dan PTT yang telah terdaftar di database Kementerian PAN-RB.

“Tidak ada yang membedakan antara PNS dengan PPPK kecuali pensiun. Di PPPK juga ada jenjang mulai dari pratama, madya hingga utama,” pungkas mantan wartawan ini. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...