​Jelang Konferwil Ansor Jatim, Dukungan Mengerucut ke Gus Abid

​Jelang Konferwil Ansor Jatim, Dukungan Mengerucut ke Gus Abid Ketua PC GP Ansor Gresik, Agus Junaidi Hamzah (berpeci hitam) memberikan keterangan kepada wartawan. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang pelaksanaan Konferensi Wilayah (Konferwil) Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur 28 Juli mendatang, dukungan mengerucut ke sosok Moh Abid Umar Faruq. Pria yang akrab disapa Gus Abid itu berpeluang besar memimpin GP Ansor Jatim untuk 4 tahun ke depan. 

Peluang ini muncul menyusul menguatnya dukungan sejumlah Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor di Jatim terhadap cucu Pengasuh Pondok Pesantren Ploso Kediri, KH Zainudin Djazuli tersebut.

Saat ini, sejumlah PC GP Ansor mulai berani terang-terangan menyampaikan dukungan ke Gus Abid. Beberapa di antaranya adalah PC GP Ansor Gresik, Kota Pasuruan, dan Banyuwangi.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Gresik, Agus Junaidi Hamzah misalnya, menyebut setidaknya ada 16 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di bawah koordinasinya akan memilih Gus Abid pada Konferwil di Ponpes Sabilurrosyad Malang pimpinan KH Marzuki Mustamar.

Alasannya, selain punya pengalaman, Gus Abid juga dianggap punya perhatian serius terhadap perjuangan Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, Gus Abid juga dianggap piawai dalam mengelola organisasi secara lebih profesional dan mandiri.

“Kalau istilah kiai-kiai, jadi pimpinan di Nahdlatul Ulama (NU) maupun badan otonom itu harus punya “PKB”. Bukan nama partai lho ya. Tetapi PKB itu singkatan Pinter, Kober, Bener,” terang Agus Junaid, Rabu (10/7).

Pinter, artinya, calon ketua harus tuntas dalam proses pengkaderan. Menurut Junaid, bila seseorang memang sudah siap dicalonkan ketua GP Ansor Jatim, maka kriteria diklat dan sebagainya harus lulus dan lolos administrasi.

“Ini tentunya pinter. Mampu dalam memanaj organisasi sebesar dan semoderen Ansor Jatim,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO