Rabu, 30 September 2020 00:55

BPBD Gresik Pastikan Belum Ada Desa yang Mengalami Kekeringan Kritis

Rabu, 10 Juli 2019 16:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
BPBD Gresik Pastikan Belum Ada Desa yang Mengalami Kekeringan Kritis
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sagito.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Meski sudah memasuki musim kemarau, namun sampai saat ini belum ada desa di Kabupaten Gresik yang masuk kategori kekeringan kritis. Sebab, hingga saat ini ketersediaan air masih cukup. Termasuk, di desa yang setiap tahun notabene mengalami krisis air bersih ketika musim kemarau tiba. 

"Dari hasil koordinasi BPBD dengan kecamatan ketersedian air masih cukup. Sehingga belum perlu didrop air bersih dari BPBD," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sagito kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (10/7).

Namun demikian, lanjut Tarso, BPBD sudah melakukan antisipasi dampak kekeringan yang dipastikan akan melanda Kabupaten Gresik seperti tahun sebelumnya. "BPBD saat ini tengah meakukan pengawasan esktra pada desa yang dinilai rawan kekeringan," paparnya.

Mengacu tahun-tahun sebelumnya, sedikitnya akan ada sekira 39 desa ditetapkan BPBD menjadi desa kering krisis dan darurat kekeringan. Ditegaskan Tarso, 39 desa itu tersebar di 7 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Benjeng, Cerme, Bungah, Balongpanggang, Duduksampeyan, Kedamean, dan Sidayu. 

"Makanya, ke-39 desa di 7 kecamatan tersebut sekarang ini juga mendapatkan atensi pengawasan khusus oleh BPBD," terang mantan staf ahli bupati ini.

"BPBD melakukan berbagai upaya untuk menekan krisis air bersih di desa-desa yang mengalami kering kritis. Di antaranya, dengan memanfaatkan sejumlah telaga dan waduk yang ada di sejumlah desa. Tempat-tempat penampungan air yang dangkal kami rawat agar bisa menampung air saat musim hujan. Sehingga, pada saat musim kemarau seperti saat ini bisa dimanfaatkan," urainya.

Langkah lain, masih kata Tarso, BPBD akan memanfaatkan program pemerintah dengan membuat sumur bor berbasis geolistrik. Desa yang sudah mendapatkan program tersebut di antaranya, Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang, Desa Raci Kulon Kecamatan Sidayu, Desa Srowo Kecamatan Sidayu, dan sejumlah desa lain.

"Jadi, BPBD jauh hari sudah mengantisipasi datangnya musim kemarau tahun ini. Saat ini untuk dropping air Insya Allah belum dibutuhkan, karena sumber air masih cukup," tuturnya.

Tarso juga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) untuk segera menyediakan pipanisasi di desa-desa yang selama ini mengalami kekeringan. Terlebih, desa yang dianggap alami kering kritis pada musim kemarau. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...