Rabu, 27 Januari 2021 17:34

BPBD Gresik Pastikan Belum Ada Desa yang Mengalami Kekeringan Kritis

Rabu, 10 Juli 2019 16:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
BPBD Gresik Pastikan Belum Ada Desa yang Mengalami Kekeringan Kritis
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sagito.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Meski sudah memasuki musim kemarau, namun sampai saat ini belum ada desa di Kabupaten Gresik yang masuk kategori kekeringan kritis. Sebab, hingga saat ini ketersediaan air masih cukup. Termasuk, di desa yang setiap tahun notabene mengalami krisis air bersih ketika musim kemarau tiba. 

"Dari hasil koordinasi BPBD dengan kecamatan ketersedian air masih cukup. Sehingga belum perlu didrop air bersih dari BPBD," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sagito kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (10/7).

Namun demikian, lanjut Tarso, BPBD sudah melakukan antisipasi dampak kekeringan yang dipastikan akan melanda Kabupaten Gresik seperti tahun sebelumnya. "BPBD saat ini tengah meakukan pengawasan esktra pada desa yang dinilai rawan kekeringan," paparnya.

Mengacu tahun-tahun sebelumnya, sedikitnya akan ada sekira 39 desa ditetapkan BPBD menjadi desa kering krisis dan darurat kekeringan. Ditegaskan Tarso, 39 desa itu tersebar di 7 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Benjeng, Cerme, Bungah, Balongpanggang, Duduksampeyan, Kedamean, dan Sidayu. 

"Makanya, ke-39 desa di 7 kecamatan tersebut sekarang ini juga mendapatkan atensi pengawasan khusus oleh BPBD," terang mantan staf ahli bupati ini.

"BPBD melakukan berbagai upaya untuk menekan krisis air bersih di desa-desa yang mengalami kering kritis. Di antaranya, dengan memanfaatkan sejumlah telaga dan waduk yang ada di sejumlah desa. Tempat-tempat penampungan air yang dangkal kami rawat agar bisa menampung air saat musim hujan. Sehingga, pada saat musim kemarau seperti saat ini bisa dimanfaatkan," urainya.

Langkah lain, masih kata Tarso, BPBD akan memanfaatkan program pemerintah dengan membuat sumur bor berbasis geolistrik. Desa yang sudah mendapatkan program tersebut di antaranya, Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang, Desa Raci Kulon Kecamatan Sidayu, Desa Srowo Kecamatan Sidayu, dan sejumlah desa lain.

"Jadi, BPBD jauh hari sudah mengantisipasi datangnya musim kemarau tahun ini. Saat ini untuk dropping air Insya Allah belum dibutuhkan, karena sumber air masih cukup," tuturnya.

Tarso juga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) untuk segera menyediakan pipanisasi di desa-desa yang selama ini mengalami kekeringan. Terlebih, desa yang dianggap alami kering kritis pada musim kemarau. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...