​Warga Terpapar Hepatitis A di Pacitan Capai 1.102 Jiwa

​Warga Terpapar Hepatitis A di Pacitan Capai 1.102 Jiwa Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan dr Eko Budiono menegaskan hingga Senin (8/7), tidak ada penambahan kasus baru masyarakat yang terpapar virus Hepatitis A. Meski diakuinya, data terlapor sampai detik ini masih terus berjalan.

Data terakhir, jumlah penderita sudah mencapai 1.102 jiwa. "Kita terus melakukan pemantauan dan pendataan berjalan. Namun hingga hari ini, tidak ditemukan kasus baru. Malah, pasien yang dirawat di puskesmas dan rumah sakit tinggal menyisakan tiga pasien. Dua orang di Puskesmas Ngadirojo dan satu orang di RSUD dr Darsono Pacitan, lantaran tengah hamil," kata dr Eko melalui hubungan telepon.

Menurutnya, selama ini tenaga kesehatan dari unsur Kemenkes, Dinkes Provinsi, dan Kabupaten, bahkan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Surabaya masih standby di Pacitan guna membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap kasus Hepatitis A. 

Mereka berupaya optimal untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang menyerang hati tersebut. "Alhamdulillah tidak ada lagi kasus baru yang kita temukan. Namun kami masih tetap siaga atas segala kemungkinan yang bakal terjadi," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan staf ahli bupati ini mengatakan, pasien yang pernah terjangkiti Hepatitis A dan sembuh, justru akan mendapatkan kekebalan seumur hidup. "Jadi tanpa vaksin sekalipun, mereka akan memiliki kekebalan," tandasnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO