Kamis, 19 September 2019 14:25

​Temui Gubernur Khofifah, Alwi Shihab Bawa Investor Portugal Jajaki Investasi Pengadaan Air Bersih

Senin, 08 Juli 2019 21:46 WIB
Editor: Em Mas'ud Adnan
Wartawan: Didi Rosadi
​Temui Gubernur Khofifah, Alwi Shihab Bawa Investor Portugal Jajaki Investasi Pengadaan Air Bersih
Dr Alwi Shihab dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi keterangan pers usai pertemuan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (8/7/2019). foto: didi rosadi/ bangsonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr Immanuel, investor dari Portugal tertarik untuk menanamkan investasi pengadaan air bersih di Jawa Timur. Penjajakan itu dilakukan oleh pihak investor yang menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/7).

Kedatangan investor dari Portugal itu dibawa oleh mantan Menteri Luar Negeri, Alwi Shihab. Menurut Khofifah, kedatangan investor dari Portugal itu sejalan dengan perubahan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) menjadi PT Air Bersih Jatim (Perseroda). Karena PT Perseroda membutuhkan investasi yang sangat besar sekitar Rp 4,9 Triliun. Sementara modal dari Pemprov hanya Rp 700 Miliar.

“Kebetulan Pak Alwi Shihab membawa investor dari Portugal untuk pengembangan water system di Jawa Timur. Jadi ini timing-nya tepat untuk pemenuhan air bersih di Jawa Timur, terutama di 5 daerah,” tutur Khofifah.

(Dr Alwi Shihab bersama Dr Immanuel, investor dari Portugal, di ruang VIP Bandara Internasional Juanda Sidoarjo Jawa Timur sebelum menuju ke Gedung Negara Grahadi Surabaya. foto: istimewa/bangsaonline.com) 

Khofifah melanjutkan, untuk bisa mengaliri 1,3 juta penduduk dari Kabupaten dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, serta Kota Surabaya tentunya membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Karena itu, kedatangan investor dari Portugal ini disambut pemprov dengan tangan terbuka.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini melanjutkan, nantinya investor ini akan bergerak dalam pemeliharaan dan distribusi air bersih serta technical assisten. Saat ini Pemprov fokus pada pelayanan air bersih di 5 Kabupaten/Kota.

“Investor dari Portugal ini sudah berpengalaman di Daudi, Afrika, Timor Leste. Sehingga diharapkan bisa mempercepat pelayanan kebutuhan air bersih di Jawa Timur dengan biaya yang murah,” ujar mantan Menteri Sosial ini.

Sementara Alwi Shihab mengungkapkan setelah calon investor ini berkunjung ke kantor Perseroda untuk penjajakan investasi. Dalam waktu dekat akan dikirim tim dari Portugal untuk mempelajari secara rinci potensi pengelolaan air bersih di Jatim. Pasca tahapan itu, akan dilayangkan proposal untuk pekerjaan.

“Tentunya kami berharap penjajakan ini berbuah menjadi investasi. Dengan begitu proses pengerjaan bisa segera dilakukan. Apalagi investor ini berpengalaman dan tentunya harganya lebih murah dibandingkan yang lain. Ini akan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan,” tandas utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islama (OKI) tersebut.

Sebelumnya, guna mengatasi masalah kekeringan yang terjadi di beberapa tempat di Jatim, salah satunya di Kabupaten Pacitan dan Ponorogo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengambil langkah cepat.

Gubernur terjun langsung ke beberapa wilayah yang mengalami kekeringan untuk menyalurkan truk tangki air bersih.

Seperti di Kabupaten Pacitan, Gubernur Khofifah secara langsung menyalurkan 10 truk tangki air bersih dan 250 jirigen kepada warga di Dsn Dokwaru Ds. Bomo, Kec Punung Kab. Pacitan. Sementara di Ponorogo, Gubernur Khofifah menyalurkan 10 truk tangki air bersih dan pemberian 200 jirigen di Dusun Banyuripan, Desa Duri, Kec. Slahung Kab. Ponorogo, Minggu (7/7).

Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan memasak dan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat.

Pada saat melakukan kunjungan ke Kab Pacitan, Gubernur Khofifah didampingi bupati dan wakil bupati Pacitan menyampaikan, bahwa kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah di kab Pacitan karena karakteristik tanahnya berbatu. Ditambah lagi sulitnya sumber mata air.

Sementara, di desa Bimo kecamatan Punung yang dikunjunginya, warga yang mengandalkan air melalui perpipaan pun tidak mengalir sempurna. Seminggu terkadang hanya mengalir dua kali dalam jumlah yang terbatas dengan jumlah warga dusun sekitar 200 orang penduduk.

Alwi Shihab datang ke Jawa Timur selain bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga dalam rangka menjadi nara sumber rapat kerja guru di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. (mdr)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...