Diisukan Maju Pilwali Surabaya, Kartika: Siap Jika Diperintah Partai dan Didukung Rakyat

Diisukan Maju Pilwali Surabaya, Kartika: Siap Jika Diperintah Partai dan Didukung Rakyat Kartika Hidayati, Wabup Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati akhirnya buka suara terkait kemungkinan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya yang rencananya akan digelar pada September 2020.

"Saya tidak bisa berkomentar banyak. Saya ini warga Indonesia. Jadi di mana pun kalau diperintahkan oleh rakyat Indonesia harus siap," kata Kartika, Senin (8/7/2019).

Menurut dia, jika ada pendapat dari pakar politik atau akademisi yang menyebut bahwa dirinya cukup layak maju di Pilkada Surabaya 2020, maka hal itu perlu dipastikan apakah sesuai dengan keinginan dari masyarakat Surabaya.

"Tentu kita lihat di bawah, apa benar seperti itu. Apakah sama dengan keinginan masyarakat bawah? Tapi pada prinsip, di mana pun dipanggil, saya selalu siap. Kita ini harus selalu untuk negeri ini, bangsa ini, di mana pun rakyat berada," katanya.

Saat ditanya jika nantinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghendaki dirinya maju di Pilkada Surabaya 2020, Kartika yang mempunyai kedekatan langsung dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini menegaskan, dirinya selaku kader siap menjalan perintah partai.

"Saya anggota partai ya ngikut saja diperintah partai. Tapi tentu yang sejalan dengan keinginan semua piha,k terutama keinginan rakyat yang kita pimpin. Seorang pemimpin harus ada bersama rakyat. Jadi kalau rakyat tidak menginginkan, ya tidak boleh ada pemimpin yang dipaksakan di dalam komunitas rakyat yang dipimpin," katanya.

Begitu juga saat ditanya apakah perlu melakukan jajak pendapat untuk mengetahui keinginan masyarakat bawah? Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Lamongan ini mengatakan tidak ingin mengambil keputusan terlalu dini..

Sebelumnya, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suko Widodo mengatakan kepada wartawan bahwa Kota Surabaya membutuhkan wali kota yang berkelas. Kehadiran calon wali kota yang memiliki kapasitas mumpuni amat diperlukan. Mumpuni yang dimaksud adalah punya visi, pengalaman, dan dukungan sosial memadai.

"Sejauh ini Surabaya terbuka masyarakatnya. Sehingga dari mana pun asalnya kandidat tidak masalah, sepanjang punya visi pengalaman dan memiliki basis dukungan sosial," katanya.

Terkait sosok Wabup Lamongan Kartika Hidayati, Suko mengatakan jika dari aspek personal, Kartika punya kapasitas baik. Jika dilihat dari segi pengalaman, lanjut dia, Kartika dinilai punya pengalaman di birokrasi karena selain sebagai wakil bupati juga pernah menjadi anggota DPRD Jatim. Selain itu, posisinya sebagai Ketua PC Muslimat Lamongan dimungkin mendapat dukungan memadai di kalangan Nahdliyin Surabaya. (qom/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO