Rabu, 05 Agustus 2020 00:14

Diisukan Maju Pilwali Surabaya, Kartika: Siap Jika Diperintah Partai dan Didukung Rakyat

Senin, 08 Juli 2019 11:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Diisukan Maju Pilwali Surabaya, Kartika: Siap Jika Diperintah Partai dan Didukung Rakyat
Kartika Hidayati, Wabup Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati akhirnya buka suara terkait kemungkinan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya yang rencananya akan digelar pada September 2020.

"Saya tidak bisa berkomentar banyak. Saya ini warga Indonesia. Jadi di mana pun kalau diperintahkan oleh rakyat Indonesia harus siap," kata Kartika, Senin (8/7/2019).

Menurut dia, jika ada pendapat dari pakar politik atau akademisi yang menyebut bahwa dirinya cukup layak maju di Pilkada Surabaya 2020, maka hal itu perlu dipastikan apakah sesuai dengan keinginan dari masyarakat Surabaya.

"Tentu kita lihat di bawah, apa benar seperti itu. Apakah sama dengan keinginan masyarakat bawah? Tapi pada prinsip, di mana pun dipanggil, saya selalu siap. Kita ini harus selalu untuk negeri ini, bangsa ini, di mana pun rakyat berada," katanya.

Saat ditanya jika nantinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghendaki dirinya maju di Pilkada Surabaya 2020, Kartika yang mempunyai kedekatan langsung dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini menegaskan, dirinya selaku kader siap menjalan perintah partai.

"Saya anggota partai ya ngikut saja diperintah partai. Tapi tentu yang sejalan dengan keinginan semua piha,k terutama keinginan rakyat yang kita pimpin. Seorang pemimpin harus ada bersama rakyat. Jadi kalau rakyat tidak menginginkan, ya tidak boleh ada pemimpin yang dipaksakan di dalam komunitas rakyat yang dipimpin," katanya.

Begitu juga saat ditanya apakah perlu melakukan jajak pendapat untuk mengetahui keinginan masyarakat bawah? Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Lamongan ini mengatakan tidak ingin mengambil keputusan terlalu dini..

Sebelumnya, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suko Widodo mengatakan kepada wartawan bahwa Kota Surabaya membutuhkan wali kota yang berkelas. Kehadiran calon wali kota yang memiliki kapasitas mumpuni amat diperlukan. Mumpuni yang dimaksud adalah punya visi, pengalaman, dan dukungan sosial memadai.

"Sejauh ini Surabaya terbuka masyarakatnya. Sehingga dari mana pun asalnya kandidat tidak masalah, sepanjang punya visi pengalaman dan memiliki basis dukungan sosial," katanya.

Terkait sosok Wabup Lamongan Kartika Hidayati, Suko mengatakan jika dari aspek personal, Kartika punya kapasitas baik. Jika dilihat dari segi pengalaman, lanjut dia, Kartika dinilai punya pengalaman di birokrasi karena selain sebagai wakil bupati juga pernah menjadi anggota DPRD Jatim. Selain itu, posisinya sebagai Ketua PC Muslimat Lamongan dimungkin mendapat dukungan memadai di kalangan Nahdliyin Surabaya. (qom/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...