​Sekdakab Sumenep Lepas 747 JCH di GOR Pangligur

​Sekdakab Sumenep Lepas 747 JCH di GOR Pangligur Sekdakab Sumenep saat pemberangkatan CJH tadi pagi di GOR A. Yani Pangligur, Minggu (07/07/2019).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, meminta Jamaah Calon Haji (JCH) mendoakan Sumenep bisa menjadi Kabupaten Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur. Hal ini disampaikan Edy Rasiyadi saat melepas JCH Kabupaten Sumenep di GOR A. Yani Pangligur, Minggu (07/07/2019).

”Kami berharap para jemaah untuk mendoakan kita semua, baik keluarga yang ditinggalkan maupun kita sebagai warga Sumenep," ucapnya.

Ia juga meminta seluruh JCH untuk menjaga kesehatan supaya bisa melaksanakan semua ritual ibadah haji di Tanah Suci, mengingat cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Tanah Air, yang suhunya mencapai 46-50 derajat celcius. 

“Jagalah kesehatan selama di Tanah Suci Makkah, sehingga seluruh JCH Sumenep bisa menunaikan semua ritual ibadah haji dan setelah tiba kembali ke Tanah Air menjadi haji mabrur,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada JCH untuk menjaga emosi, kesabaran, dan sikap selama berada di tanah suci. Sebab, di saat bersamaan ada jutaan ummat muslim dari berbagai negara di dunia yang melaksanakan ibadah haji. “Selama melaksanakan rangkaian kegiatan haji yang jelas berbaur dengan warga muslim lainnya. Jadi luruskan niat berhaji dan mematuhi semua aturan. Semoga tiba di Tanah Suci dengan selamat,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep pada APBD tahun ini menganggarkan dana sekitar Rp 487 juta untuk biaya pemberangkatan dan pemulangan JCH dari Sumenep menuju Surabaya dan sebaliknya. Dana itu peruntukannya di antaranya biaya transport, makanan, minuman, honor petugas, dan keamanan. “Kami untuk transportasi JCH menyediakan sebanyak 17 bus dan 1 bus cadangan,” jelas Sekda Sumenep

Sementara salah seorang Panitia Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Ibnu Hajar mengungkapkan, pelepasan pemberangkatan JCH Kabupaten Sumenep itu tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 6 dan 7.

“Sesuai data jumlah JCH kloter 6 dan 7 sebanyak 752 orang, namun karena 5 orang meninggal dan 5 orang sakit, maka yang berangkat hari ini sebanyak 747 orang,” tandasnya.

Jadwal penerbangan JCH kloter 6 dan 7 dari bandara internasional Juanda Surabaya menuju Tanah Suci di Saudi Arabia pada hari Senin (08/07/2019). “Dijadwalkan JCH kloter 6 berangkat ke Tanah Suci dari Surabaya pada pukul 15.30 WIB, sedangkan JCH kloter 7 pukul 17.30 WIB. Untuk pemulangannya kloter 6 tiba di Tanah Air atau di Surabaya pada 19 Agustus 2019 pukul 10.35 WIB, serta kloter 7 pada tanggal 20 Agustus pukul 08.05 WIB,” pungkasnya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO