Rabu, 05 Agustus 2020 00:06

FomDem Rilis 10 Calon Wali Kota Surabaya Versi Anak Muda

Jumat, 05 Juli 2019 23:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
FomDem Rilis 10 Calon Wali Kota Surabaya Versi Anak Muda
Rusman Hadi, Ketua Forum Muda Demokrasi (FomDem). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konstelasi politik di Kota Surabaya makin meningkat menjelang makin dekatnya Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020. Bursa kandidat Calon Wali Kota Surabaya secara informal mulai terbuka. Sejumlah polling dan jajak pendapat pun mulai dilakukan.

Terbaru, Forum Muda Demokrasi (FomDem) merilis 10 nama yang dianggap layak dan punya kompetensi untuk berkompetisi dalam ajang Pilwali Surabaya 2020. Sepuluh nama itu didapat berdasarkan penjaringan yang dilakukan oleh internal FomDem. Pernyataan itu disampaikan ketua FomDem, Rusman Hadi.

"Bisa dibilang sepuluh nama ini adalah figur calon Wali Kota Surabaya versi anak muda," terang Rusman, Jumat (5/7).

Rusman mengungkapkan, figur muda layak didorong sebagai pemimpin karena anak muda memiliki idealisme yang tinggi. Karena itu masyarakat bisa memiliki harapan integritas terhadap pemimpin muda ini.

Selain itu, lanjut mantan Bendahara Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim ini, anak muda memiliki semangat perubahan dan terobosan. Karena itu memberi harapan bagi masyarakat yang menginginkan perubahan dan kemajuan yang lebih konkret.

"Saat ini tren pemimpin muda sangat positif. Lihat saja, Azwar Anas di Banyuwangi, Baddrut Tamam di Pamekasan, Thoriqul Haq di Lumajang, dan Mas Emil di Trenggalek yang kemudian dilanjutkan Mas Ipin," urai Rusman.

Rusman membeberkan sepuluh nama yang mereka jaring itu berasal dari berbagai latar belakang politik maupun ormas. Mereka juga cukup dikenal dan punya prestasi di lembaganya.

Rusman membeberkan, saat dua tahun menjelang Pilgub Jatim, FomDem juga merilis 14 tokoh muda yang layak menjadi Wakil Gubernur Jatim. Dua di antaranya adalah Azwar Anas dan Emil Dardak yang saat ini menjadi Wagub Jatim. Ini adalah ikhtiar FomDem dalam kehidupan berdemokrasi. Masalah hasil akhir, pihaknya menyerahkan pada masyarakat dan partai politik.

Sepuluh tokoh itu adalah, Eri Cahyadi (Birokrat), Mochamad Nur Arifin (Bupati Trenggalek), Azrul Ananda (Profesional), KH. Zahrul Azhar As'ad (Golkar), Abid Umar Faruq (mantan Ketua Ansor Jatim), Bayu Airlangga (Ketua Muda Mudi Demokrat), Ari Kusuma (Ketua Sekber Relawan Khofifah-Emil), Muhammad Faridz Afif (Ketua GP Ansor Surabaya), Fuad Bernardi (Ketua Karang Taruna Surabaya), Lia Istifhama (Fatayat NU).

"Semuanya berusia muda, masih di bawah 45 tahun. Tapi punya basis massa, jaringan politik dan prestasi," pungkas aktivis pemuda Jatim kelahiran Sumenep ini. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...