Minggu, 18 Agustus 2019 04:44

FomDem Rilis 10 Calon Wali Kota Surabaya Versi Anak Muda

Jumat, 05 Juli 2019 23:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
FomDem Rilis 10 Calon Wali Kota Surabaya Versi Anak Muda
Rusman Hadi, Ketua Forum Muda Demokrasi (FomDem). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konstelasi politik di Kota Surabaya makin meningkat menjelang makin dekatnya Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020. Bursa kandidat Calon Wali Kota Surabaya secara informal mulai terbuka. Sejumlah polling dan jajak pendapat pun mulai dilakukan.

Terbaru, Forum Muda Demokrasi (FomDem) merilis 10 nama yang dianggap layak dan punya kompetensi untuk berkompetisi dalam ajang Pilwali Surabaya 2020. Sepuluh nama itu didapat berdasarkan penjaringan yang dilakukan oleh internal FomDem. Pernyataan itu disampaikan ketua FomDem, Rusman Hadi.

"Bisa dibilang sepuluh nama ini adalah figur calon Wali Kota Surabaya versi anak muda," terang Rusman, Jumat (5/7).

Rusman mengungkapkan, figur muda layak didorong sebagai pemimpin karena anak muda memiliki idealisme yang tinggi. Karena itu masyarakat bisa memiliki harapan integritas terhadap pemimpin muda ini.

Selain itu, lanjut mantan Bendahara Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim ini, anak muda memiliki semangat perubahan dan terobosan. Karena itu memberi harapan bagi masyarakat yang menginginkan perubahan dan kemajuan yang lebih konkret.

"Saat ini tren pemimpin muda sangat positif. Lihat saja, Azwar Anas di Banyuwangi, Baddrut Tamam di Pamekasan, Thoriqul Haq di Lumajang, dan Mas Emil di Trenggalek yang kemudian dilanjutkan Mas Ipin," urai Rusman.

Rusman membeberkan sepuluh nama yang mereka jaring itu berasal dari berbagai latar belakang politik maupun ormas. Mereka juga cukup dikenal dan punya prestasi di lembaganya.

Rusman membeberkan, saat dua tahun menjelang Pilgub Jatim, FomDem juga merilis 14 tokoh muda yang layak menjadi Wakil Gubernur Jatim. Dua di antaranya adalah Azwar Anas dan Emil Dardak yang saat ini menjadi Wagub Jatim. Ini adalah ikhtiar FomDem dalam kehidupan berdemokrasi. Masalah hasil akhir, pihaknya menyerahkan pada masyarakat dan partai politik.

Sepuluh tokoh itu adalah, Eri Cahyadi (Birokrat), Mochamad Nur Arifin (Bupati Trenggalek), Azrul Ananda (Profesional), KH. Zahrul Azhar As'ad (Golkar), Abid Umar Faruq (mantan Ketua Ansor Jatim), Bayu Airlangga (Ketua Muda Mudi Demokrat), Ari Kusuma (Ketua Sekber Relawan Khofifah-Emil), Muhammad Faridz Afif (Ketua GP Ansor Surabaya), Fuad Bernardi (Ketua Karang Taruna Surabaya), Lia Istifhama (Fatayat NU).

"Semuanya berusia muda, masih di bawah 45 tahun. Tapi punya basis massa, jaringan politik dan prestasi," pungkas aktivis pemuda Jatim kelahiran Sumenep ini. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...