Hadiri Rakornas Lesbumi, Ki Agus Sunyoto: Islam Masuk ke Indonesia Melalui Budaya

Hadiri Rakornas Lesbumi, Ki Agus Sunyoto: Islam Masuk ke Indonesia Melalui Budaya Ki Sunyoto didampingi Ki Purboantono dalam pembukaan acara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) dihadiri langsung Ketua Umum Lesbumi Ki Ageng Agus Sunyoto yang sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Ki Agus menyatakan bahwa tugas Lesbumi adalah menjaga kelestarian budaya nusantara warisan para Walisongo.

Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan bahwa Walisongo menyebarkan agama Islam melalui sosial budaya. Para wali memperkenalkan Islam yang ramah, tidak dengan cara kekerasan. "Para wali itu dakwahnya melalui wayang kulit, lukisan, seniman, dan menciptakan tembang, sesuai dengan karakteristik tradisi Jawa tapi bernuansa Islami," paparnya.

"Jika ada oknum yang sengaja memecah belah budaya, berarti itu musuh bersama," tegas Ki Agus.

Senada disampaikan oleh Ketua Panitia Lesbumi Ki Adi Purboantono. Menurutnya, saat ini masih banyak oknum yang membid'ahkan seni dan budaya. "Padahal Islam masuk ke Indonesia melalui budaya," tuturnya.

Untuk itu, Lesbumi yang merupakan Banom dari NU menurut Ki Purboantono kini terus berjuang untuk menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa Islam tidak harus berdakwah dengan kekerasan. (afa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO