Minggu, 20 Oktober 2019 19:37

Bupati Madiun Dukung Warga Pinggir Hutan Tanam Porang

Selasa, 02 Juli 2019 00:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Bupati Madiun Dukung Warga Pinggir Hutan Tanam Porang
Bupati Madiun langsung melihat hasil panen.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Biasanya, masyarakat yang berada di pinggiran hutan sering kali dipandang dengan sebelah mata. Akan tetapi untuk Bupati Madiun H. Ahmad Dawami malah sebaliknya.

Ia memberikan perhatian khusus bagi warganya yang tinggal di pinggiran hutan. Hal tersebut nampak dalam gebrakannya sewaktu menghadiri panen raya tanaman porang di kawasan hutan KPH Saradan tepatnya Desa Klangon, Kec. Saradan, Madiun.

Memang telah lama masyarakat Desa Klangon, Kec. Saradan menanam porang dengan memanfaatkan lahan di lingkungan Perhutani KPH Saradan. Di mulai dari Pemerintah Kabupaten Madiun semenjak H. Muhtarom yang bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Saradan untuk membudidayakan umbi porang sebagai komoditi ekonomi yang bernilai tinggi. 

Tentu saja hal tersebut demi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mendapatkan hasil yang melimpah dari bertanam porang.

"Kita akan berupaya untuk mendatangkan eksportir agar tanaman porang sebagai komoditi ekspor terus berjalan," jelas Ahmad Dawami kepada BANGSAONLINE.com.

Bagi petani yang membudidayakan umbi porang sebagai komoditi ekonomi yang bernilai tinggi tentu saja akan menyejahterakan petani pada akhirnya. Sedangkan salah satu pemasaran umbi porang ini akan diekspor di negara Jepang, sebagai bahan mie tradisional dan bahan kosmetik.

Langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Pemkab Madiun selain bekerja sama dengan Perum Perhutani untuk budidaya umbi porang, pemkab juga bekerja sama dengan perusahaan yang nantinya akan mengambil umbi porang dari petani Kabupaten Madiun.

"Hanya saja harapan kita untuk harga umbi porang ini stabil sehingga ekonomi petani porang di wilayah Kabupaten Madiun meningkat," pungkasnya. (nal/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...