Selasa, 02 Juni 2020 13:26

Bupati Madiun Dukung Warga Pinggir Hutan Tanam Porang

Selasa, 02 Juli 2019 00:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Bupati Madiun Dukung Warga Pinggir Hutan Tanam Porang
Bupati Madiun langsung melihat hasil panen.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Biasanya, masyarakat yang berada di pinggiran hutan sering kali dipandang dengan sebelah mata. Akan tetapi untuk Bupati Madiun H. Ahmad Dawami malah sebaliknya.

Ia memberikan perhatian khusus bagi warganya yang tinggal di pinggiran hutan. Hal tersebut nampak dalam gebrakannya sewaktu menghadiri panen raya tanaman porang di kawasan hutan KPH Saradan tepatnya Desa Klangon, Kec. Saradan, Madiun.

Memang telah lama masyarakat Desa Klangon, Kec. Saradan menanam porang dengan memanfaatkan lahan di lingkungan Perhutani KPH Saradan. Di mulai dari Pemerintah Kabupaten Madiun semenjak H. Muhtarom yang bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Saradan untuk membudidayakan umbi porang sebagai komoditi ekonomi yang bernilai tinggi. 

Tentu saja hal tersebut demi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mendapatkan hasil yang melimpah dari bertanam porang.

"Kita akan berupaya untuk mendatangkan eksportir agar tanaman porang sebagai komoditi ekspor terus berjalan," jelas Ahmad Dawami kepada BANGSAONLINE.com.

Bagi petani yang membudidayakan umbi porang sebagai komoditi ekonomi yang bernilai tinggi tentu saja akan menyejahterakan petani pada akhirnya. Sedangkan salah satu pemasaran umbi porang ini akan diekspor di negara Jepang, sebagai bahan mie tradisional dan bahan kosmetik.

Langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Pemkab Madiun selain bekerja sama dengan Perum Perhutani untuk budidaya umbi porang, pemkab juga bekerja sama dengan perusahaan yang nantinya akan mengambil umbi porang dari petani Kabupaten Madiun.

"Hanya saja harapan kita untuk harga umbi porang ini stabil sehingga ekonomi petani porang di wilayah Kabupaten Madiun meningkat," pungkasnya. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...