Anggaran Pilbup yang Diajukan KPU Ngawi Naik 100% dari Pilbup Sebelumnya

Anggaran Pilbup yang Diajukan KPU Ngawi Naik 100% dari Pilbup Sebelumnya

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pilkada Ngawi digelar setahun lagi, yakni 2020. Saat ini, para Komisioner KPU Ngawi di bawah Nahkoda Prima Aequina Sulistyanti tengah melakukan persiapan jelang tahapan Pilkada Ngawi yang rencananya digelar mulai akhir tahun ini, sekitar bulan September 2019.

"Pastinya pada bulan September 2020 kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah," jelas Divisi Teknis penyelenggaraan Aman Ridho Hidayat saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Langkah yang telah dilakukan oleh Komisioner KPU Ngawi adalah mengajukan anggaran biaya untuk melaksanakan pemilihan kepala daerah pada Pemkab Ngawi. Menurut Ridho, apabila mengacu pada peraturan PKPU RI yang banyak berubah, maka KPU Ngawi harus menaikkan anggaran yang diajukan.

Jika saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2015 KPU Ngawi menghabiskan Rp 24 miliar, menurut Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyanti, untuk anggaran Pilkada 2020 bakal naik seratus persen.

"Jadi pengajuan dasarnya dari anggaran pelaksanaan Pilbup tahun 2015 naik 100%, paling tidak 90%," terang Prima Aequina Sulistyanti yang juga Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga.

Kenaikan tersebut terkait dengan banyaknya perubahan pada peraturan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang mengacu pada Peraturan KPU RI. Misalnya untuk kotak suara harus memakai yang transparan. Ini membuat KPU Ngawi harus mengadakan kotak suara baru. Selain itu, untuk kampanye calon juga dibiayai oleh APBD.

Sementara, anggaran yang telah diajukan oleh KPU Ngawi pada Pemkab sejumlah Rp 45 miliar.

"Untuk persiapan pelaksanaan mulainya tahapan yaitu satu tahun sebelum pelaksanaan, yaitu September 2019. Sebab untuk pelaksanaan sudah pasti pada September 2020," pungkasnya. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO