Jalin Silaturrahim, Makan Kembul Beralaskan Daun Pisang

Jalin Silaturrahim, Makan Kembul Beralaskan Daun Pisang SALING SUAP: Anggota TNI dari Kodim 0809 Kediri tampak menyuapi anggota Polres Kediri Kota. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan hari ulang tahun Bhayangkara, bersama petugas Kodim 0809 serta Forkopimda Kota Kediri mengadakan doa bersama yang diselenggarakan di Ruang Rupatama, Mapolres Kediri Kota, Senin (1/7). Dalam kegiatan tersebut, selain memanjatkan doa untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif, baik petugas maupun Forkopimda makan kembul bersama dengan alas daun pisang.

Kasubbag Humas AKP Kamsudi mengatakan, kegiatan doa bersama dilakukan tidak lain untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-73. Dengan memanjatkan doa bersama-sama, diharapkan petugas dapat menjalankan tugas dengan baik dan selalu ada peningkatan. Harapan dan tujuan pada Polri bisa tercapai sehingga keamanan, persatuan, dan kesatuan tetap terjaga.

Selain itu, di akhir acara doa bersama, petugas juga menyempatkan untuk makan bersama. Kali ini cukup berbeda, para petugas baik dari dan Polsek jajaran, serta petugas Kodim 0809/Kediri dan perwakilan dari Forkopimda, makan bersama ala ‘Ajang Godong’.

“Mengapa dipilih ajang godong, karena selain menjadi budaya dan adat di daerah Jawa Timur, makan bersama seperti ini mengandung filosofi sederhana, kebersamaan, dan tidak kalah penting adalah kesetaraan,” ujar Kamsudi.

Pasalnya, saat makan bersama, semua petugas yang hadir duduk beralaskan karpet dan makanan ditaruh di daun pisang. Berbagai macam lauk dan sayuran yang disediakan sama, tidak ada perbedaan baik pimpinan maupun anggota. Bahkan, beberapa petugas juga saling berbagi lauk. Ada pula yang tidak segan untuk saling menyuapi antar petugas.

Kesetaraan tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mempererat hubungan antar jajaran dan semua sama sebagai masyarakat yang berkewajiban membela, mempertahankan, dan menjaga keamanan serta keutuhan NKRI. “Dimulai dengan hal yang sederhana, terlebih lagi ini merupakan momen Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli,” ujar Kamsudi.

Setelah acara, ternyata ada kejutan dari Komandan Kodim 0809/Kediri dengan memberikan kue ulang tahun dengan lilin berbentuk angka 73 kepada Kapolres Kediri Kota. Sontak, para tamu yang berada di ruangan Kapolres Kediri Kota terkejut dan membuat suasana di ruangan itu ramai. Di ruangan tersebut, terlihat pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kediri, Ketua PCNU Kota Kediri, dan beberapa perwakilan Forkopimda.

Mereka pun bersama memanjatkan doa, sekaligus harapan untuk keamanan Kota Kediri. “Khususnya di Kota Kediri, semoga semua pihak bisa menjaga kamtibmas dengan baik. Dari satu daerah, diharapkan bisa serempak di daerah yang lain sehingga apa yang menjadi harapan serta tujuan bersama, dapat terwujud,” pungkasnya. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO