​Rektor Unej: Waspadai Penipuan Masuk SBMPTN

​Rektor Unej: Waspadai Penipuan Masuk SBMPTN Rektor Unej Mohammad Hasan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Pasca selesainya proses registrasi dan daftar ulang tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kini Universitas Jember () membuka pendaftaran melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri () bagi mahasiswa yang sebelumnya tidak lolos.

Pada jalur kali ini, Rektor Mohammad Hasan mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap adanya tawaran atau informasi yang disampaikan oleh oknum-oknum yang mengaku bisa memasukkan calon mahasiswa baru (maba) dengan imbalan sejumlah uang.

Upaya mengingatkan ini sebagai bentuk antisipasi karena setiap tahunnya ketika musim pendaftaran, banyak yang melakukan penipuan dengan cara tersebut.

Hal ini disampaikan Hasan saat dikonfirmasi sejumlah wartawan. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan iming-iming masuk ke perguruan tinggi melalui dengan syarat memberikan sejumlah nominal uang, karena pada tahun-tahun sebelumnya ada yang sudah tertipu.

“Karena situasi seperti sekarang ini (musim pendaftaran masuk perguruan tinggi), banyak (oknum-oknum tidak bertanggung jawab), yang memanfaatkan kegalauan di masyarakat khususnya orang tua, agar anaknya bisa masuk ke program atau jurusan yang dituju. Sampai-sampai ada tawaran, saya bisa memasukkan dengan membayar sekian,” ujar Hasan saat dikonfirmasi, Jumat (28/6/2019).

Hal itu, kata Hasan, pernah dialami warga Lamongan, dari laporan yang diterimanya. “Laporan yang masuk ke saya, ada yang mengaku sudah memberikan uang ratusan juta kepada seseorang, agar anaknya masuk sebagai mahasiswa kedokteran,” ungkapnya. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO