​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Bus Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di selama dua hari banyak memberikan pengetahuan perihal yang dimaksud dengan korupsi dan gratifikasi. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Agus Rahardjo menggelar sosialisasi pencegahan dan pendidikan anti korupsi pada seluruh elemen dan masyarakat .

Saat ditanya apakah kehadiran rombongan dalam rangka adanya anggaran miliaran yang digelontorkan dari pusat untuk wilayah pedesaan, Agus menampik pernyataan tersebut.

"Agenda ini merupakan rutin tiap tahun, dalam program memberikan sosialisasi pada masyarakat selain itu untuk mengajak partisipasi dari masyarakat," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Dalam melakukan penindakan pun, lembaga anti rasuah ini ternyata tidak akan melakukan penindakan pada setiap kasus korupsi atau gratifikasi pada setiap pejabat.

"Kita akan melakukan penindakan pada penyelenggara pemerintahan. Kalau di ya bupati dan wakil bupati serta anggota dewan," terangnya.

Agus juga mencontohkan kasus di Madura yang menjerat seorang kepala desa yang harus berurusan dengan disebabkan adanya keterkaitan dengan Kajari setempat dan Bupati.

" tidak dapat menyentuh masalah yang ternyata tidak ada kaitannya dengan penyelenggara pemerintahan. Kasus kepala dinas pun kita tidak dapat menyentuh kalau tidak terkait dengan penyelenggara pemerintah," tegasnya.

Dengan adanya kehadiran dari roadshow bus jelajah negeri ini masyarakat hingga pejabat dapat memahami tugas dan kewajiban dari lembaga anti korupsi tersebut. Dan untuk kepala desa mungkin dapat merasa sebab tidak akan berurusan dengan apabila diketahui melakukan kesalahan yang merugikan negara. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO