Kamis, 27 Februari 2020 18:50

Jelang Pilbup Gresik 2020 (11): Nadir Konsen Penanganan Kemiskinan

Senin, 24 Juni 2019 10:20 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Jelang Pilbup Gresik 2020 (11): Nadir Konsen Penanganan Kemiskinan
Ahmad Nadir, Ketua PPP Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Salah satu indikator sebuah pemerintahan dianggap sukses, ketika seorang pemimpin bisa mengatasi kemiskinan rakyatnya.

Hal inilah yang akan menjadi konsen Ketua PPP Gresik Ahmad Nadir, apabila nanti mendapatkan jalan untuk running dalam Pilbup Gresik 2020. Nadir mengaku tak mempermasalahkan posisi cabup atau cawabup, yang penting dirinya bisa berjuang demi masyarakat Gresik.

"Kemiskinan merupakan hal pokok yang jadi takaran masyarakat seorang pemimpin dianggap sukses. Sebab, masyarakat yang terimbas langsung," ujar Ahmad Nadir kepada BANGSAONLINE.com, Senin (24/6).

Menurut Nadir, angka kemiskinan Gresik masih tinggi. "Gresik masih tertinggal jauh dengan daerah lain yang notabene jauh dari daerah metropolitan Surabaya, seperti Banyuwangi," ungkapnya.

Mengacu data pada musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2020, Nadir mengungkapkan bahwa angka kemiskinan masih bertengger di posisi 11,75 - 12,75-persen di tahun 2019.

"Padahal di Banyuwangi aja yang cakupan wilayahnya lebih luas dan kekayaan daerahnya lebih kecil, angka kemiskinan tinggal kisaran 7 persen. Lho, Gresik yang dikenal kota bertabur ribuan industri angka kemiskinan masih bertengger hingga 12,75 persen di tahun 2019," paparnya.

"Kondisi kemiskinan ini harus disikapi serius. Jangan sampai pemerintah atau masyarakat hanya terkecoh dengan angka database penurunan. Sementara faktanya tak seperti yang didengung-dengungkan," tuturnya.

"Saya dapat informasi masih banyak masyarakat di Gresik ini hidup di bawah garis kemiskinan. Untuk makan saja sehari kadang cuma 2 kali, bahkan sekali karena tidak memilikinya ketersediaan makan. Bahkan untuk makan saja ada yang harus rela mendapatkan asupan dari tetangga. Kalau ini benar adanya, adalah sebuah ironi terjadi di Kabupaten Gresik," tutur pengusaha sukses ini.

Untuk itu Nadir berjanji, jika kelak pada Pilbup Gresik 2020 dirinya ditakdirkan menjadi bupati atau wakil bupati, dirinya akan memanaj dengan baik kekayaan alam di Kabupaten Gresik. "Semua semata-mata untuk kepentingan hajat hidup masyarakat Kabupaten Gresik," janjinya.

Nadir menambahkan, bahwa industrialisasi di Kabupaten Gresik yang berkembang pesat merupakan salah satu aset besar yang bisa dimanfaatkan untuk memberantas kemiskinan.

"Nanti tinggal kemasannya seperti apa. Saya yakin kalau ada kemauan, lalu dieksekusi dengan tepat, sesuatu yang tak mungkin bisa mungkin. Yang penting terbangun komunikasi baik dengan pihak terkait dan transparansi," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...