​Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Sadengrejo Pasuruan Gembleng 40 Perangkat Desa

​Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Sadengrejo Pasuruan Gembleng 40 Perangkat Desa Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa yang digelar Pemdes Sadengrejo.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Demi kemajuan dan pengembangan potensi yang ada di Desa Sadengrejo, pemerintah desa menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparaturnya di Hotel Tanjung Plasa, Tretes, Prigen, Kab. Pasuruan, Minggu (23/6).

Acara itu digelar dengan tema "Pengembangan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Lembaga Desa" dengan narasumber Kepala Seksi DPMD Nanang Muji Laksono, S.H, M.Hum.

Sebanyak 40 perangkat desa meliputi RT, RW, Kasun, Staf, dan Sekdesnya digembleng. Tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa agar mampu membangun pemerintahan yang cerdas. Tidak hanya pandai mengkritisi, namun mampu mengaplikasikan gagasannya untuk kemajuan Desa Sadengrejo.

"Saya ingin para perangkat yang ikut pelatihan ini bisa jadi orang yang cerdas, tidak hanya mengkritik tapi, dia bisa membenahi dan memperbaiki kekurangan yang ada di desa," kata Kepala Desa Abdul Qodar dalam sambutannya.

Apa yang disampaikan kades tersebut dibenarkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Hudan Dardiri, bahwa potensi Desa Sadengrejo itu luar biasa. "(Buah) Duku Rejoso yang dikenal di Pasuruan itu asalnya dari desa kami pak, tapi namanya dialihkan oleh masyarakat ke Kecamatan Rejoso," tandas Hudan kepada BANGSAONLINE.com.

Ia berharap potensi buah duku itu bisa terus dilestarikan akan tidak punah. Sebab buah duku yang ada di wilayahnya sekarang bisa dihitung jari. Hal itulah yang ingin dikembangkan kembali oleh Pemdes Sadengrejo.

Tidak hanya itu, potensi yang lain seperti pertanian sawah, bunga anggrek sadeng, dan wilayah Sadengrejo yang berbatasan dengan Wilayah Pertempuran Pahlawan 1949, menurutnya juga layak dijadikan destinasi wisata.

Dengan demikian, pemerintah desa berharap kepada para perangkat untuk bersinergi mengembangkannya kembali potensi yang ada di wilayahnya. (afa/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO