​Tiga Strip Adidas Bukan Merk Dagang!

​Tiga Strip Adidas Bukan Merk Dagang! Hanya strip biasa? foto: istimewa

BANGSAONLINE.com - Adidas kehilangan kekhasan merek dagang logo tiga-stripnya. Pengadilan umum Uni Eropa mengatakan bahwa motif itu tidak lebih dari "tanda kiasan biasa".

Ini jadi pukulan yang cukup besar terhadap perusahaan peralatan olahraga yang bernilai 14,3 miliar dolar itu. Pengadilan umum dengan 28 anggota menganggap tiga garis paralel tidak lebih dari "tanda figuratif biasa".

Tentu saja Adidas kecewa keputusan itu. Dasar pengadilan, keputusan yang sama dijatuhkan pada perusahaan Belgia, yang mendaftarkan merek dagang untuk dua garis yang sama sederhananya dengan Adidas, tahun lalu.

Pengadilan mengatakan Adidas tidak dapat membuktikan motif memiliki "karakter khas" di seluruh negara Uni Eropa. Oleh karena itu menjadikannya tidak memenuhi syarat untuk perlindungan hukum.

Adidas memiliki opsi mengajukan banding terhadap keputusan ini. Sebenarnya, logo adidas ini sudah diamankan di tahun 2014, ketika merk Shoe Branding Europe masuk.

Shoe Branding Europe adalah perusahaan yang mempunyai jenis yang logonya mirip dengan Adidas. Hanya saja stripnya miring ke arah berlawanan. Shoe Branding Europe sendiri telah membantah pihaknya sengaja meniru logo adidas Adidas.

Sementara saham perusahaan Jerman Adidas turun 1,8% setelah keputusan itu.

Kasus baru-baru ini, Nike memerkarakan Puma atas tuduhan bahwa ia menggunakan teknologi atletik yang dipatenkan tanpa izin. 

Sumber: news.sky.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO