Selasa, 23 Juli 2019 03:05

​Pemkot Madiun Siapkan Taman Khusus bagi Warga Disabilitas

Selasa, 18 Juni 2019 19:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
​Pemkot Madiun Siapkan Taman Khusus bagi Warga Disabilitas
Wali Kota Madiun Maidi, Wawali Inda Raya dan Sekda Kota Madiun Rusdiyanto bersama penyandang disabilitas yang berprestasi.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Madiun Maidi menyebut akan lebih banyak memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas. Caranya dengan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi orang-orang berkebutuhan khusus.

‘’Anak-anak berkebutuhan khusus ini tentu membutuhkan perhatian khusus. Kesulitan-kesulitan yang muncul baik dari pengasuh, yayasan, maupun orang tua, tentu pemerintah harus turun tangan ke sana,’’ kata Maidi usai menghadiri Senam dan Gelar Seni Bersama Anak Disabilitas se-Kota Madiun di Lapangan Gulun, Selasa (18/6).

Maidi akan terus menggelar koordinasi bersama mereka. Tidak hanya disabilitas anak-anak, namun juga yang dewasa. Tujuannya, menyerap aspirasi mereka dan mencarikan solusi untuk mewujudkannya. Masukan dari kaum disabilitas dirasa penting untuk jalannya pembangunan. 

Wali kota menambahkan, pembangunan ke depan wajib memerhatikan kebutuhan-kebutuhan orang-orang berkebutuhan khusus tersebut.

‘’Akan kita kumpulkan dan kita cek. Kira-kira kesulitan guru dan pengasuhnya seperti apa, kesulitan orang tuanya di rumah seperti apa. Program yang sudah jalan seperti apa, peningkatannya bagaimana. Ini penting agar semua terakomodir,’’ ujarnya.

Pembangunan, kata wali kota, untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya, semua bisa menikmati tanpa pilih kasih. Wali kota berencana membangun taman dengan fasilitas khusus untuk kaum disabiltas. Di dalamnya, juga terdapat galeri untuk menampung karya anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. 

Galeri juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka. Selain itu, juga akan ada lebih banyak event khusus sebagai ajang ekspresi dan penyaluran minat serta bakat bagi mereka.

‘’Anak-anak ini tidak cukup hanya diberi pendidikan dan kesehatan. Setelah dewasa nanti apa kira-kira pekerjaan yang tepat. Penyaluran setelah lulus ini juga penting. Ini yang terus kita lakukan,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun Heri Suwartono menyebutkan, berbagai perhatian sudah diberikan kepada disabiltas. Terutama pelatihan yang rutin dilaksanakan setiap bulan di kantor UPTD Dinasnya. Pelatihan, lanjutnya, tentu butuh ditingkatkan. 

Pihaknya mengaku siap mengakomodir arahan wali kota tentu dengan menggandeng leading sektor terkait. Salah satunya, dalam pembangunan taman khusus disabilitas permintaan walikota tersebut. (hen/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...