Ingin Trenggalek Meroket, Begini Gagasan Bupati Arifin

Ingin Trenggalek Meroket, Begini Gagasan Bupati Arifin Bupati Arifin saat pidato di Alun-alun Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moh. menegaskan bahwa dirinya ingin membawa Kabupaten Trenggalek lebih maju dari yang sebelumnya.

Pernyataan ini disampaikan Arifin saat upacara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang digelar di Alun-alun Kabupaten Trenggalek, Senin (17/6).

"Akhir-akhir ini saya ingin memunculkan sesuatu. Kalau di beberapa daerah mereka memiliki jargon melesat, sementara cita-cita saya ingin membawa Trenggalek meroket," kata Bupati Arifin dalam sambutannya.

Arifin kemudian mengatakan jargon meroket itu memiliki 3 item yakni maju ekonomi rakyatnya, orang-orangnya kreatif, dan ekosistemnya terjaga. 

Ia selanjutnya menerangkan satu per satu dari ketiga item tersebut. Item pertama yang menyebutkan maju ekonomi rakyatnya memiliki arti bahwa indikator yang dicari manusia sejak mereka hidup adalah aspek kesejahteraan.

Item kedua yang menyebutkan orang-orangnya harus kreatif. "Hal ini terbukti dengan adanya global kreativity index yang memiliki arti semakin kreatif sebuah negara maka semakin sejahtera negara tersebut. Dan ini sejalan dengan visi Indonesia di tahun 2045 dimana Presiden Jokowi saat ini menekankan pembangunan sumberdaya manusia," terangnya.

"Item yang ketiga, ekosistemnya tetap terjaga. Sebagai makhluk sosial kita harus bisa memastikan ekosistem yang ada di sekitar kita tidak rusak," sambungnya.

Ia kemudian menerangkan lebih jauh tentang ekosistem yang harus tetap terjaga. Disampaikan olehnya beberapa waktu yang lalu saat dirinya mendatangi gelaran Larung Sembonyo di kawasan Pantai Prigi, dan mendengar langsung pengakuan dari masyarakat nelayan.

"Para nelayan telah memiliki kesadaran untuk menjadi bagian dari penjaga laut dan itu atas kesadaran mereka sendiri," terangnya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO