Rabu, 17 Juli 2019 14:40

​Pemkot Surabaya Siapkan 48 Beasiswa bagi Anak Keluarga Miskin Berprestasi

Kamis, 13 Juni 2019 22:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Pemkot Surabaya Siapkan 48 Beasiswa bagi Anak Keluarga Miskin Berprestasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot Surabaya melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan PT. Batam Aero Technic (BAT) memberikan beasiswa ikatan dinas kepada siswa berprestasi dari keluarga miskin untuk mengikuti pendidikan Aircraft Structure di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Supomo mengatakan, program beasiswa ikatan dinas ini merupakan hasil kerja sama antara Pemkot Surabaya bersama Poltekbang Surabaya dan Lion Air Group.

“Ada 48 kuota beasiswa ikatan dinas yang bisa diambil anak-anak. Syaratnya adalah warga Surabaya yang lulus SMA/MA dari jurusan IPA, sementara yang lulusan SMK berasal dari jurusan teknik,” kata Supomo, Kamis (13/6/2019).

Setelah dinyatakan lulus pendidikan, penerima beasiswa tersebut akan langsung bisa bekerja di PT. BAT yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group.

Ia menjelaskan, untuk tata cara pendaftaran program beasiswa tersebut, peserta wajib melengkapi persyaratan administrasi berupa, foto berwarna terbaru 3x4 2 lembar, fotocopy KTP pendaftar beserta kedua orang tua, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy ijazah atau surat keterangan hasil ujian dari sekolah dengan ketentuan usia minimal 18 hingga 24 tahun.

Selain itu, kata Supomo, peserta juga diwajibkan melampiri administrasi dengan surat keterangan miskin dari kelurahan dan surat pernyataan belum pernah menikah dengan diketahui pihak RT/RW setempat. “Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 Mei sampai 30 Juni 2019, saat ini sudah ada sekitar 30 orang pendaftar,” ujarnya.

Adapun untuk tata cara pendaftaran, peserta bisa datang langsung ke Kantor Dinas Sosial, Jalan Arif Rahman Hakim No 131 – 133 Surabaya. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui email dinassosialsurabaya@gmail.com, dengan ketentuan semua kelengkapan administrasi discan dan dikirimkan ke email tersebut.

“Sementara untuk hardcopy kelengkapan administrasi, bisa dibawa pada saat tes seleksi,” jelasnya.

Supomo menyampaikan jenis dan tahapan tes akan dilakukan secara bertahap. Pertama, Dinas Sosial akan melakukan tahapan seleksi administrasi meliputi kelengkapan berkas para peserta. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta kemudian mengikuti rangkaian tes yang akan dilakukan oleh PT. BAT bersama dengan Poltekbang Surabaya.

“Peserta yang telah dinyatakan lolos tes seleksi, selanjutnya menempuh pendidikan Aircraft Structure selama delapan hingga sembilan bulan di Poltekbang Surabaya,” pungkasnya. (ian/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...