​Suwar Suwir, Makanan Khas Jember yang Terlupakan

​Suwar Suwir, Makanan Khas Jember yang Terlupakan Jajanan Suwar Suwir yang identik dengan kekhasan Kabupaten Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Jajanan Suwar Suwir yang identik dengan kekhasan Kabupaten Jember selalu disuguhkan saat Hari Raya Idul Fitri atupun menjadi oleh-oleh bagi para pemudik. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jember tidak merasakan atau menikmati makanan olahan dari tape yang dibentuk menjadi permen atau manisan ini.

Kini makanan khas yang identik dengan Kota Tembakau ini, mulai dilupakan oleh masyarakat. Pasalnya, generasi muda atau bahkan masyarakat Jember sendiri, jarang mendengar promosi ataupun seperti apa jajanan Suwar Suwir itu.

Bahkan yang amat disayangkan oleh para pengusaha suwar suwir di Jember, makanan yang identik dengan ciri khas Jember ini, belum didaftarkan dalam HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

“Bukan tidak mungkin, makanan dengan ciri khas Jember ini akan hilang, jika pemerintah daerah tidak memperhatikan. Padahal kami pengusaha makanan asli Jember ini, sudah selalu berjuang promosi, dan mengenalkan produk ini, apalagi cita-citanya untuk membuat jajanan yang tidak kalah dengan permen impor itu,” kata Ketua UKM/IKM Nusantara cabang Jember Rendra Wirawan, Kamis (13/6/2019).

Padahal produk makanan Suwar Suwir itu, menurur Rendra, saat itu dikenalkan sejak tahun 1984. “Bahkan sejak kakek buyut saya tahun 1970 an katanya juga sudah ada suwar suwir itu. Untuk suguhan lebaran saja, waktu itu membuatnya, bukan untuk diperjual belikan,” jelasnya.

Dengan nilai filosofi sejarah tersebut, menurut pria yang juga owner dari Toko Oleh-Oleh Jember dan pemilik produksi Suwar Suwir itu, jajanan Suwar Suwir memiliki nilai historis dan benar-benar menunjukkan kekhasan, keaslian dari Kabupaten Jember.

“Mestinya kita bangga sebagai masyarakat Jember, ada makanan khas Suwar Suwir. Sejak zaman Bupati Samsul, Bupati Jalal, selalu dipromosikan. Bahkan bupati sebelumnya juga sama mempromosikan. Ini lah bentuk dukungan pemerintah, dan kita pelaku usaha suwar suwir yang masih bertahan ini berharap Suwar Suwir semakin dikenal,” ungkapnya.

Apalagi dengan belum adanya perhatian dalam bentuk HAKI, pria yang juga mantan Ketua HIPMI Jember ini, dikhawatirkan makanan khas Jember ini, akan diklaim oleh daerah atau bahkan negara lain.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO