Senin, 23 September 2019 08:52

Wisata Keluarga di Jogja, Ini Pantai Cantik yang Cocok untuk Anak

Rabu, 12 Juni 2019 16:10 WIB
Editor: Redaksi
Wisata Keluarga di Jogja, Ini Pantai Cantik yang Cocok untuk Anak
Naik andong di Pantai Parangtritis. foto: Rusdi Gunawan/Trekearth

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah jalur lintas selatan Jogja dibuka, banyak pantai-pantai yang terbuka aksesnya untuk umum. Sebelumnya, keterbatasan akses membuat banyak pantai cantik ini nyaris tak terjamah oleh manusia. Namun sekarang banyak pantai yang bisa didatangi dan jalurnya mudah untuk kendaraan jenis apapun.

Tetapi tak semua pantai di Jogja ramah untuk anak dan keluarga. Ada sebagian yang memiliki ombak terlalu besar sehingga cukup rawan jika membawa anak-anak. Jika berniat liburan ke pantai di Jogja dengan membawa anak, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa dipilih. Sambar tiket bus Jakarta Jogja kamu sekarang dan simak info pantai yang bisa kamu kunjungi berikut ini.

1. Main Pasir Putih di Pantai Indrayanti

Bisa dibilang, Pantai Indrayanti adalah salah satu yang terbaik di Jogja. Pasir di pantai ini putih bersih, dengan ombak yang cukup bersahabat di siang hari. Pasir pantainya cukup luas, dengan warung-warung yang tersebar di tepinya. Anak-anak bisa bermain pasir sampai puas, tentunya dengan pengawasan orangtua.

Ketika senja tiba, ajaklah anak naik ke bukit yang ada di sisi kanan dan kiri pantai. Dari puncak bukit karang, sinar matahari senja tampak sangat memesona. Cocok untuk jadi latar belakang foto keluarga sebagai kenang-kenangan di Indrayanti.

2. Naik Andong di Pantai Parangtritis

Memiliki bentangan pasir yang luas dan panjang, banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis. Salah satunya adalah naik andong di atas pasir dengan deburan ombak yang menyapu rodanya. Di sisi barat pantai ini, terdapat Gumuk Pasir yang seru buat main bareng anak.

Berbeda dengan Pantai Indrayanti yang berpasir putih, Parangtritis berpasir hitam karena sisa aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terbawa sungai hingga ke tepi pantai. Pemandangan senja di sini pun tak kalah cantik dari pantai lain, dengan nuansa magis yang hanya akan kamu dapatkan di Parangtritis.

3. Santai di Sungai Pantai Baron

Satu hal yang menarik di Pantai Baron dibandingkan tempat lainnya adalah muara sungai yang berada di sana. Muara sungai ini menjadi tempat yang aman untuk bermain air bersama anak, tentunya dengan pengawasan penuh. Di tepian pantainya tersedia payung-payung yang bisa disewa sebagai tempat berteduh. Sembari menunggu anak-anak bermain, orangtua juga bisa bersantai sambil menikmati kuliner khas laut di sini.

4. Karang Membentang di Pantai Kukup

Masih di wilayah Gunung Kidul, Jogja, tak jauh dari Pantai Baron ada pantai yang tak kalah cantiknya bernama Pantai Kukup. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan luas dibandingkan dengan Baron. Ketika air surut, karang-karang di tepi laut menjadi pemandangan indah yang tentu sayang jika dilewatkan.

Di sini anak-anak bisa melihat secara langsung kerang yang bertebaran di tepi pantai. Mereka juga bisa mengenal gardu pandang yang dibangun di sekitar kawasan pantai ini dan menjelaskan fungsinya kepada anak-anak.

5. Main Layang-layang di Pantai Sepanjang

Ingin bermain layang-layang di pantai seperti di Bali? Kamu juga bisa melakukannya di Jogja, tepatnya di Pantai Sepanjang. Hamparan pasir putih yang membentang memanjang membuat pantai ini dinamakan Sepanjang dan cocok untuk bermain layangan. Ketika musim kemarau tiba, aneka layang-layang terbang di atas pantai dan membuat kawasan ini jadi sangat cantik.

Masih ada banyak pantai lain yang layak untuk dikunjungi di Jogja. Dapatkan tiket bus Jakarta Jogja sekarang juga dan nikmati liburan seru bersama keluarga. Dengan kecanggihan teknologi, tak perlu lagi pergi ke terminal untuk membeli tiket bus, karena semua sudah bisa dibeli di aplikasi Traveloka.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...