​Tidur dengan Lampu Kamar Menyala Bisa Sebabkan Obesitas

​Tidur dengan Lampu Kamar Menyala Bisa Sebabkan Obesitas Tidurlah dengan perilaku sehat. Matikan lampu! foto: mirror.co.uk

BANGSAONLINE.com - Wanita yang tidur dengan lampu kamar menyala, lebih berpotensi untuk mendapatkan . Hal ini terungkap berdasarkan penelitian yang melibatkan 44.000 wanita.

Sebuah survei terhadap hampir 44.000 wanita menemukan mereka yang tidur dengan lampu atau televisi menyala, lebih cenderung menambah berat badan daripada mereka yang tidak tidur.

Penulis studi Dr Dale Sandler, dari National Institutes of Health di North Carolina, AS, mengatakan: "Temuan kami mungkin memiliki implikasi kesehatan masyarakat. Prevalensi telah meningkat secara substansial selama beberapa dekade terakhir, terutama pada wanita AS.”

Para peneliti mengatakan paparan cahaya buatan saat tidur juga dapat menyebabkan stres kronis dan mengganggu tingkat metabolisme sehingga berkontribusi pada penambahan berat badan.

Dr Sandler mengatakan: "Dalam studi kohort terhadap 43.722 wanita, lampu menyala saat tidur secara signifikan dikaitkan dengan peningkatan risiko kenaikan berat badan dan ".

"Selain cahaya dari televisi di dalam ruangan yang dinilai dalam penelitian ini, paparan cahaya buatan dari perangkat elektronik berbasis layar lainnya, termasuk smartphone, komputer, tablet, dan e-reader, juga dikaitkan dengan tidur. Latensi, kuantitas, dan kualitas tidur yang buruk, dan rasa kantuk di siang hari yang berlebihan.

"Cahaya diperkaya panjang gelombang pendek yang dipancarkan dari perangkat dapat menyebabkan tingkat yang lebih besar dari penekanan melatonin dan gangguan sirkadian dibandingkan dengan lampu dengan panjang gelombang yang lebih panjang,” katanya.

Temuan didapat dari analisis wanita yang mengambil bagian dalam Sister Survey di AS dari Juli 2003 hingga Maret 2009. Mereka berusia 35 hingga 74 tahun, dari seluruh 50 negara bagian AS dan Puerto Riko, dan menyelesaikan tindak lanjut pada Agustus 2015.

Sebanyak 43.722 wanita yang tidak memiliki riwayat kanker atau penyakit kardiovaskular yang bukan pekerja shift, tidur siang hari, atau hamil pada awal dimasukkan dalam analisis. Penelitian ini telah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO