Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya

Mudik ke Pamekasan, ​Mahfud MD Ziarahi Makam Ayahnya Mahfud MD (memakai batik) saat ziarahi makam ayahnya di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pada H+4 Hari Raya Idul Fitrih 1440 H, menyempatkan diri melakukan ziarah kubur ke makam ayahnya yang berada di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten , Minggu (09/06/19).

Sebelumnya, Mahfud yang datang bersama istri dan anak beserta cucunya melakukan silaturrahmi ke ibunda tercinta di Jalan Dirgahayu .

Mahfud MD datang bersama rombongan dengan mengendarai mobil Toyota Alphard warna hitam dengan nopol W 700 dan dikawal oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres menuju makam ayahandanya.

Dengan mengenakan batik berwarna cokelat dan berkopyah hitam, Mahfud mengisyaratkan bahwa ia memang orang Madura asli. Mahfud bersama keluarga di pemakaman ayahnya menggelar tahlil bersama keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Mahfud mengatakan, ia memang biasa mempunyai tradisi mudik setiap tahun ke kampung halamannya.

"Biasanya sehari sebelum lebaran saya sudah disini. Berhubung masih ada acara di luar dan lebaran di Jogja, jadi bisanya sekarang ini hari keempat baru bisa pulang kampung," katanya.

Mahfud mengaku, setiap tahun sudah menjadi tradisi berkunjung ke keluarganya yang berada di di bumi gerbang salam.

"Tadi itu makam ayah saya Mahmudin. Beliau lahir di sini di Desa Plakpak. Beliau meninggal dan dimakamkan disini kumpul bersama kakek saya, Hasim," ujar Mahfud.

Setelah melakukan silaturahmi ke , Mahfud mengaku akan melanjutkan silaturrahmi ke rumah istirnya di Jember. "Kalau istri saya berasal dari Jember. Habis lebaran dari sini biasanya langsung ke rumah istri. Terus balik lagi ke Jogja," pungkasnya.

Sebelum bertolak ke Jember, Mahfud bersama rombongan menuju ke rumah keluarga ayahandanya yang tidak ikut ke kuburan untuk bersilaturahmi. Setelah melakukan silaturahmi, rombongan  menyempatkan mampir di Pos Pengamanan Lebaran yang berada di area Arek Lancor Alun-alun . (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO