​Pilwali Surabaya, Risma Dikabarkan Dukung Ery Cahyadi, Cak Ipin Diisukan Cari Dukungan MWCNU

​Pilwali Surabaya, Risma Dikabarkan Dukung Ery Cahyadi, Cak Ipin Diisukan Cari Dukungan MWCNU Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Megawati Soekarnoputri. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota Surabaya ternyata kini ramai memperbincangkan calon wali kota Surabaya. Maklum, para pimpinan NU tingkat kecamatan itu mulai didatangi para politikus yang akan maju sebagai calon walikota pada pemilihan wali kota (Pilwali) Surabaya yang akan berlangsung pada 2020 nanti.

Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Krembangan Moh Siri kepada BANGSAONLINE.com mengakui kini banyak sekali politikus yang sudah mengontak dirinya. “Ya, banyak sekali, minta ketemu habis lebaran,” kata Moh Siri kepada BANGSAONLINE.com, Kamis sore (6/6/2019).

Menurut Siri, menghangatnya isu pilwali di kalangan para ketua MWCNU dimulai sejak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini “merapat” ke PCNU Kota Surabaya pada 2018 lalu. Moh Siri menduga, Risma mendekati NU karena punya kepentingan mendukung Ery Cahyadi sebagai calon wali kota Surabaya. Ery Cahyadi adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Ery dikenal sebagai orang dekat Bu Risma – panggilan Tri Rismaharini. “Dulu Bu Risma sulit dihubungi, kalau diundang PCNU gak pernah datang,” kata Moh Siri. Tapi sejak 2018 lalu, kata Siri, Bu Risma mulai merapat ke PCNU.

“Waktu Musker PCNU di Hotel Tunjungan Bu Risma yang memfasilitasi. Bahkan yang buka Musker PCNU itu Bu Risma (sendiri),” kata Moh Siri.

Menurut Siri, isu yang berkembang di kalangan ketua MWCNU bahwa Ery akan dipasangkan dengan Dr. KH. Muhibbin Zuhri, ketua PCNU Kota Surabaya. “Tapi kata teman-teman MWC, nggak tahu, apakah Cak Ibin (panggilan Muhibbin Zuhri) akan dicalonkan sebagai calon wakil wali kota atau hanya diperalat saja,” tegas Siri mengutip wacana yang berkembang di kalangan MWCNU.

(Moh Siri, Ketua MWCNU Krembangan Surabaya (paling kiri) bersama para kiai dan pengurus NU serta kader NU saat acara peringatan Hari Santri Nasional yang digelar MWCNU Krembangan di alun-alun Bangunsari Surabaya, Sabtu (3/10/2018). Tampak juga Ketua PCNU Kota Surabaya Dr KH Muhibbin Zuhri (nomor tiga dari kanan), Em Mas'ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com (nomor tiga dari kiri) dan Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (nomor empat dari kiri). foto: BANGSAONLINE.com)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO