​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan

​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim. Foto: DEVI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Budi Karya Sumadi dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim, naik KRI Makassar-590 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6).

Kapal yang biasanya mengangkut pasukan dan material tempur amphibi itu, khusus di masa Mudik Lebaran 2019, membawa ratusan pemudik secara gratis. berterima kasih atas kerja sama TNI AL.

"Saya pikir ini satu kerja yang baik. Bantuan dari TNI AL pasti bermanfaat untuk masyarakat. Kinerja yang bagus ini bisa kita bangun, dan bisa menyelesaikan masalah mudik bagi masyarakat," ujar Budi.

Di sisi lain, Panglima Koarmada II mengatakan, mudik gratis dengan kapal perang ini dilengkapi akomodasi memadai dan cukup nyaman untuk pulang kampung.

"(Para pemudik, red) ditempatkan di ruangan pasukan. Ini khusus kapal perang angkut pasukan dan material tempur amphibi. Di geladak dan ruangan. (Muat) 550 orang laki-laki, 319 perempuan, anak-anak 120, dan TNI/Polri 120 orang," katanya.

Budi berharap, mudik gratis yang banyak digelar berbagai institusi di berbagai tempat mampu mengatasi kebutuhan pemudik. Dia mengatakan, banyak masyarakat yang bahkan tidak bisa mudik selama 19 tahun hingga 30 tahun. Menurutnya, pemerintah perlu hadir dalam momen penting ini.

Di kesempatan yang sama, Emil Dardak mengaku sangat mengapresiasi kegiatan mudik gratis semacam ini. Sebagai pemerintah daerah Jatim, ia senang bisa menyaksikan keluarga, kerabat, sanak saudara, dari warga Jatim bisa berkumpul di momen spesial lebaran 2019.

"Ada dari Lumajang, Madura, Bojonegoro, (perjalanan, red) 2 hari 2 malam, tapi Alhamdullilah, mereka merasa terlayani dengan baik. Tadi ditanya, kalau program ini gak ada, ya gak bisa pulang," pungkasnya.

Ia juga memastikan, para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak tak perlu kuatir untuk mencari kendaraan menuju kota asal mereka di Jawa Timur. Pasalnya, fasilitas bus gratis juga telah disediakan baik dari Pemprov Jatim maupun dari Pelindo III yang telah bersiaga di pintu kedatangan pelabuhan ini. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO