Senin, 24 Juni 2019 16:46

Ini Alasan Tim BPCB Jatim Belum Berani Pastikan Waktu Perbaikan Candi Belahan

Kamis, 30 Mei 2019 22:06 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Ini Alasan Tim BPCB Jatim Belum Berani Pastikan Waktu Perbaikan Candi Belahan
Suasana kajian teknis di Candi Belahan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tim BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Timur menggelar kajian teknis, survei lokasi Candi Belahan yang retak. Salah satu koordinator tim rombongan BPCB Hariri menerangkan, survei ini dilakukan untuk menentukan langkah berikutnya terkait penanganan Candi Belahan.

Saat dikonfirmasi terkait kepastian kapan akan melakukan perbaikan terhadap keretakan candi tersebut, Hariri mengaku masih belum mengetahuinya.

"Wah, kami gak bisa memastikan mas, untuk kapannya kita lakukan perbaikan," akuinya kepada BANGSAONLINE.com di lokasi Sumber Tetek, Candi Belahan, Gempol, Kab. Pasuruan, Kamis (30/5).

Menurutnya, perbaikan tidak bisa serta merta dilakukan. Sebab, jika dilakukan perbaikan ulang maka harus ada perombakan total, dan tiap biji batu batanya itu harus tepat pada posisi awal.

"Gak bisa kita spontanitas mas, otomatis kita harus bongkar ulang kalau memperbaiki dan posisinya harus seperti semula. Misal di batu bata itu ada tulisan angka, ya itu posisinya harus tetap di situ. Kalo gak gitu, hilang keaslianya," jelas Hariri.

Ki Bagong Sabdo Sinukarto selaku Ketua DK3P berharap perbaikan dilakukan sesegera mungkin. "Nunggu kapan lagi, lima apa sepuluh tahun lagi? Selak jogrok (keburu roboh, red)," ucapnya dengan nada kesal.

Dalam peninjauan kajian teknis tersebut juga dihadiri Staf Bidang Seni dan Budaya Disparbud Pasuruan, Ida. (afa/ian)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...