Gubernur Khofifah Pastikan Stok Bahan Pokok Selama Lebaran Aman

Gubernur Khofifah Pastikan Stok Bahan Pokok Selama Lebaran Aman Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di dampingi Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Kesra Wachid Wahyudi, Kadis Perindag Drajat Irawan, serta beberapa Kepala OPD Pemprov Jatim melakukan sidak terkait harga dan ketersediaan sembako di Pasar Pucang Surabaya. Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan stok bahan pokok jelang hingga berakhirnya lebaran 1440 H dalam kondisi aman. Kepastian tersebut disampaikannya usai melakukan peninjauan di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Kamis (30/5).

Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukannya di banyak toko baik beras, gula, dan minyak goreng stoknya dipastikan aman dan harganya normal. Karenanya, masyarakat diharapkan tidak mengalami kenaikan psikologis sehingga tidak menyebabkan terjadinya kenaikan demand.

“Dari banyak toko yang saya datangi mereka memastikan bahwa harga bahan pangan pokok jelang hingga usai lebaran nanti harganya akan normal,” tutur orang nomor satu di Jatim ini.

Ditambahkan, untuk harga telur mengalami kenaikan 1 hingga 2 ribu sehingga ada yang dijual di harga Rp 22 ribu/kg dan Rp. 23 ribu/kg. Begitupun dengan daging ayam juga mengalami kenaikan 1 sampai 2 ribu. “Harga eceran tertinggi (HET) ayam diharga Rp. 34 ribu/kg, dan di pasar ini ada yang dijual diharga tersebut,” terang Khofifah.

Terkait harga daging, sebelumnya ada informasi di media bahwa harga di pasar pucang mencpai Rp. 150 ribu/kg. Namun demikian, setelah dilakukan peninjauan dan pengecekan harga secara langsung ke penjual harga daging masih normal. Dengan rincian harga untuk kulitas daging super Rp. 120 ribu/kg, kualitas bawahnya di harga Rp.115 ribu/kg, dan ada yang hanya seharga Rp. 85 ribu/kg.

“Saya tanya ke penjual daging memang ada kenaikan kebutuhan daging jelang lebaran. Yang biasanya memotong 2 ekor hari ini memotong hingga 3 ekor,” ungkapnya sembari mengimbuhkan hal ini sangat wajar karena saat lebaran banyak hidangan khas yang ingin dihidangkan agar lebarannya lebih spesial.

Lebih lanjut disampaikan, untuk harga bawang merah dan bawang putih juga normal.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO