​Menteri Agama Era Gus Dur, Prof Dr KH Tholhah Hasan, Wafat

​Menteri Agama Era Gus Dur, Prof Dr KH Tholhah Hasan, Wafat Prof. Dr. KH. Tholhah Hasan. foto: nu.or.id

MALANG, BANGSAONLINE.com - Satu lagi ulama besar wafat. Prof Dr Muhammad KH Tholhah Hasan, mantan menteri agama RI era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) wafat pada pukul 14.10 WIB tadi siang, Rabu (29/5/2019). Kiai Thohah Hasan wafat di Paviliun VIP A Wijaya Kusuma RS Saiful Anwar, Kota Malang. 

Kiai Tholhah Hasan selain dikenal sebagai tokoh alim, juga populer sebagai ahli pendidikan Islam. Ia pernah menjabat Rektor Universitas Islam (Unisma) Malang.

Wafatnya Kiai Thohah ini menjadi berita viral di grup-grup WA dan grup WA lainnya.

Dikutip dari Biografi Muhammad Tholhah Hasan Kiai Tholhah Hasan (Digilib IAIN Sunan Ampel Surabaya), Kiai Tholhah lahir dari pasangan Tholhah dan Anis Fatma pada Sabtu Pon, 10 Oktober 1936 di Tuban Jawa Timur. Namun ia kemudian ditinggal ayahnya wafat sehingga menjadi yatim. Ia lalu diasuh kakeknya yang bernama Hasan di Lamongan. Karena itu nama aslinya yang semula hanya Muhammad lalu ditambah nama ayah dan kakeknya sehingga menjadi Muhammad Tholhah Hasan.

Ia sekolah SR (Sekolah Rakyat) di Lamongan. Lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Salafiyah Syafiiyah Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mulai 1951 hingga 1956. Kiai Thohah juga sempat mondok di beberapa pesantren, antara lain Pondok Pesantren Kranji yang kemudian menjadi PP Tarbiyatul Wathon dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.

Kiai Tholhah kemudian kuliah di Universitas Merdeka dan Universitas Brawijaya Malang.

Ia kemudian diambil menantu KH. Masykur, tokoh , yaitu dinikahkan dengan anak angkatnya yang bernama Hj Solichah Noor. Kiai Masykur adalah Menteri Agama pada Kabinet Amir Syarifuddin dan Kabinet Ali Sastro Amijoyo. Kiai Masykur juga pernah menjadi ketua DPR-MPR Kabinet Pembangunan III.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO