Waspadai Virus Cacar Monyet, Ini yang Dilakukan Dinkes Pasuruan

Waspadai Virus Cacar Monyet, Ini yang Dilakukan Dinkes Pasuruan Ilustrasi. foto: Star2.com

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Meski di Pasuruan belum ada temuan warga teserang Virus Monkeypox atau , pihak Dinas Kesehatan setempat mulai melakukan kewaspadaan dengan cara melakukan sosialisasi ke seluruh Puskesmas di wilayah Pasuruan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pasuruan, Agus Eko Iswahyudi kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan bahwa penyakit ini awalnya terdeteksi di wilayah Singapura yang diduga dibawa oleh seorang warga Nigeria.

Agar virus tersebut tidak sampai masuk ke wilayah Indonesia yang notebenya negara paling dekat dengan Singapura, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, meminta seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit, dan Puskesmas untuk waspada.

"Kita sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh Puskesmas di Pasuruan untuk melakukan kewaspadaan dan memberikan informasi kepada masyarakat," jelas Agus.

"Sejatinya ini adalah penyakit lama dan muncul kembali. Untuk Pasuruan sendiri memang belum ada laporan adanya masyarakat yang terserang penyakit tersebut, yang paling rawan adalah wilayah Batam, karena perupakan existing keluar-masuk warga asing dan berdekatan dengan Negara Singapura," pungkasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO