​Sejumlah Persoalan Pemilu di Jember Siap Dibahas ke Bawaslu Jatim

​Sejumlah Persoalan Pemilu di Jember Siap Dibahas ke Bawaslu Jatim

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Sejumlah persoalan saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang terjadi di Kabupaten Jember nantinya akan dibahas dan disidangkan di Bawaslu Jawa Timur.

Diketahui bahwa persoalan Pemilu tersebut di antaranya, ratusan suara milik Partai Gerindra untuk pemilihan Calon Legislator (Caleg) DPRD Jawa Timur raib di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Juga terkait persoalan caleg DPRD Jember dari Partai Hanura di Daerah Pemilihan (dapil) 2.

Ketua Badan Pengawas Thobroni Pusaka mengatakan, terkait persoalan yang ada saat pelaksanaan pemilu kemarin, nantinya akan dibahas berikutnya di Bawaslu Provinsi. Seperti saat rekapitulasi penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur ada protes dari saksi Gerindra.

“Kami kemudian menganalisis bukti-bukti keberatan di rekapitulasi, hanya bukti di empat kelurahan yang lengkap,” kata Thobroni saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (21/5) malam.

Menurut Thobroni, ada 1.500 suara hilang di tujuh kelurahan yang dilaporkan. “Tapi mereka tak punya bukti cukup. Hanya (ada bukti) empat kelurahan, dan ada 500 suara yang hilang,” katanya.

Lima ratus suara hilang ini diketahui dari perbedaan data perolehan suara di formulir DAA dan DA1. “Dari (tambahan suara hilang sebanyak) 500 itu, tidak bisa mengubah perolehan kursi Gerindra di DPRD Provinsi,” kata Thobroni.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO