Selasa, 20 Agustus 2019 02:27

​Diduga Bawa Bom Molotov, Rombongan Santri dari Pamekasan Digiring ke Mapolda Jatim

Senin, 20 Mei 2019 16:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
​Diduga Bawa Bom Molotov, Rombongan Santri dari Pamekasan Digiring ke Mapolda Jatim
Salah satu santri yang diamankan. Tampak empat botol bom molotov yang disimpan di karung kresek warna putih di belakangnya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4 botol diduga bom Molotov ditemukan dalam rombongan 54 santri dari Pondok Pesantren Lenteng Pamekasan yang saat itu melintas di jembatan Suramadu, Senin (20/5). Rombongan santri itu menumpang 3 mini bus elf sewaan.

Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan. Ia mengungkapkan, saat ini rombongan santri telah digiring ke Mapolda Jatim.

"Berdasarkan pengamanan semalam, ketiga rombongan ini kita giring ke Mapolda setelah ada pemeriksaan ada benda yang mencurigakan. Dan saat ini masih didalami oleh penyidik," ungkap Luki.

"Kita akan selidiki botol yang seperti bau minyak tanah tersebut," tambahnya.

Berdasarkan pengakuan salah satu sopir elf (mini bus) Wasil (27), warga Pamekasan, bahwa mobil tersebut disewa untuk menjemput kiai. "Disewa dari Pamekasan ke Juanda. Sewa sampai jam 5 sore aja, lalu kembali pulang," kata Wasil.

Wasil mengaku penyewa mini bus adalah salah satu santri dari Pondok Pesantren Lenteng, Pamekasan. Ia mengatakan, dari 54 santri yang diamankan, hanya mengangkut 19 santri yang berasal dari pondok lenteng tersebut. "Satu elf isi 19 orang," akuinya.

Anggota Ditreskrimsus Polda Jatim saat memeriksa di salah satu mobil rombongan 3 elf terdapat 4 bom molotov yang terbuat dari botol kratingdeng yang ditutup botol, dan diberi sumbu atau pemantik.

Penyewa minibus tersebut adalah para santri Pondok Pesantren Lenteng di Pamekasan yang bertujuan ke Juanda untuk menjemput kiainya. Di tengah jalan, rombongan digiring ke Mapolda Jatim karena mereka diduga akan ke Jakarta mengikuti demo people power. (ana/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...