Senin, 26 Agustus 2019 10:43

Polisi Selidiki KIP yang Berserakan di Jalan dan Ditemukan Warga

Minggu, 19 Mei 2019 22:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Polisi Selidiki KIP yang Berserakan di Jalan dan Ditemukan Warga
Polsek Gampengrejo saat menerima puluhan Kartu Indonesia Pintar yang ditemukan warga.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebuah grup di media sosial Facebook sedang viral dengan postingan penemuan puluhan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di jalan raya Kediri, tepatnya di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG).

Kartu KIP tercecer itu ditemukan oleh Dicky Dear Saputra (24) warga Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, pada Sabtu (18/5) sore.

Dicky menemukan puluhan KIP itu saat sedang dalam perjalanan dari Pagu Pamenang menuju SLG. Pada saat itu, ia melintas dari arah SLG menuju Pagu melihat banyaknya kartu tercecer berserakan di jalan hingga radius satu meter.

Penemuan kartu dari pelaksanaan Program Indonesia Pintar Presiden Joko Widodo tersebut akhirnya viral di media sosial, lalu diunggah ke halaman facebook miliknya yang bernama Ayub Poetrane Raden Maji.

Total yang ditemukan Dicky sebanyak 70 kartu. Hampir semuanya tertulis nama pemilik dengan alamat Tulungagung. Dicky menyimpan kartu tersebut. Sampai di rumah, dia mengupload temuan kartu itu dengan harapan pemiliknya bisa mengetahui.

Tak ingin kartu itu dipersalahgunakan, Dicky kemudian menyerahkan kartu itu ke Pos Ngasem, Polres Kediri, Minggu (19/5).

“Saya serahkan ke pihak kepolisian dengan besar harapan bisa ditemukan lagi oleh pemiliknya," tutur Dicky.

Kapolsek Gampengrejo AKP Muklason mengungkapkan petugas telah menerima penyerahan KIP itu dari Dicky Dear Saputra dan Richo Tri Suseno, sebanyak 70 kartu. Saat ini kartu tersebut diamankan pihak kepolisian untuk proses lebih lanjut.

"Kami menerima penyerahan Kartu Indonesia Pintar yang ditemukan di area SLG," ungkap AKP Muklason.

Pihaknya langsung melakukan koordinasi mengenai hal tersebut dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

AKP Muklason menambahkan semua kartu tersebut beralamatkan Kabupaten Tulungagung. Petugas kepolisian juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Tulungagung mengenai kebenaran data tersebut, apakah kartu tersebut asli atau tidak, dan apakah terdaftar di database dinas pendidikan.

Muklason juga mengatakan jika pihaknya langsung melakukan koordinasi mengenai hal tersebut dengab pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

"Kartu beralamatkan di Kabupaten Tulungagung. Kita akan limpahkan ke Satreskrim Polres Kediri untuk proses selanjutnya," tegas AKP Muklason.

Sementara itu, Kasi Data Dinas Sosial Kabupaten Kediri Mudianto mengungkapkan mengenai penemuan KIP tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Gampengrejo. Dia memastikan kartu-kartu tersebut asli.

Namun mengenai data yang tercatat pada setiap kartu tersebut, dirinya belum bisa memastikan. Apakah nama yang tercantum tersebut benar adanya atau tidak. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kabupaten Tulungagung mengenai hal tersebut.

“Karena ini Kabupaten Tulungagung, kita tidak memiliki database penerima Kartu Indonesia Pintar tersebut,” ungkapnya. (rif/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...