​Petani di Tosari dan Tutur Pasuruan Mulai Tanam Bawang Putih

​Petani di Tosari dan Tutur Pasuruan Mulai Tanam Bawang Putih

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Melonjaknya harga bawang putih di Indonesia akibat permintaan pasar yang belum terpenuhi, serta adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan importir untuk wajib tanam menjadi berkah tersendiri bagi para Petani di wilayah Pasuruan. Khususnya petani di Kecamatan Tosari dan Tutur. Mereka beralih bercocok tanam, mengingat tanaman tersebut hanya bisa tumbuh subur jika ditanam di atas dasar permukaan laut dengan ketinggian 800 meter.

Kepala Dinas Pertanian Ir Ikwan menjelaskan, di Pasuruan tahun 2019 mulai dilakukan penanaman bawang putih hasil kemitraan petani dengan importir. Lokasinya berada di Kecamatan Tutur dan Tosari. "Luas lahan yang ditanami bawang putih sekitar 100 Ha di 5 kelompok petani dengan sistem kemitraan,“ jelas Ikwan.

Ia menambahkan, untuk tiap 1 Ha lahan yang di tanami bawang putih jika dikelola dengan baik dan benar (pada saat proses tanam hingga jelang panen) maka bisa menghasilkan sekitar 13 ton bawang putih bawah. "Saat ini harga bawang putih di pasaran berapa, bisa dikalikan saja berapa keuntungan petani,“ jelasnya.

Menurutnya, kebijakan pemerintah yang mengharuskan para importir untuk melakukan tanam 5 persen dari total impor, secara langsung akan membantu petani untuk bergairah kembali menanam bawang putih.

"Di Pasuruan sendiri total lahan yang cocok untuk ditanami bawang putih sekitar 3.000 hektare dan dulunya merupakan sentra produksi bawang putih," ucapnya.

Di sisi lain, ada nilai positif bagi daerah di mana inflasi harga bawang putih bisa ditekan karena stok bawang cukup banyak dan permintaan pasar bisa dipenuhi. Petani di Tutur yang selama ini menanam kentang, bila beralih ke bawang putih karena harganya lumayan bagus. "Yang juga tak kalah pentingnya lagi adalah tingkat kesuburan tanah tetap terjaga dengan baik," pungkasnya. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO