Tak Cerminkan Demokrasi Pancasila, PCNU Bangkalan Tolak Keras People Power

Tak Cerminkan Demokrasi Pancasila, PCNU Bangkalan Tolak Keras People Power Ketua PCNU Bangkalan KH. Makki Nasir, SAg MPd.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua PCNU Bangkalan KH. Makki Nasir, S.Ag M.Pd, merespons gegernya People Power atau pengerahan massa yang beredar di media. Penggerakan massa atau people power itu dianggap kemunduran demokrasi.

Menurutnya, jika hasil dinilai tidak sesuai atau ada kecurangan, sudah ada mekanismenya.

"Jika hasil rekapitulasi yang bertahap atau berjenjang berbeda, maka ada salurannya, yakni bisa melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai aturan yang ada," tuturnya.

Menurutnya, penggerakan massa itu tidak sesuai dengan konstitusi yang ada. "Kalau tidak puas dengan hasil , ekspresinya bukan dengan people power, harus berdewasa dalam berdemokrasi. Di mana People Power itu memberikan dampak mudarat yang lebih besar dan rentan menimbulkan dampak tidak baik di masyarakat," tambahnya.

Oleh sebab itu, sebagai Ketua PCNU Bangkalan, ia menolak keras terhadap wacana people power karena tidak mencerminkan Demokrasi Pancasila.

Ia mengimbau agar masyarakat akan tetap tenang dan bersabar menunggu proses hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU. (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO