​Raih Kursi Terbanyak, PDIP Rebut Kursi Ketua DPRD Jatim dari PKB

​Raih Kursi Terbanyak, PDIP Rebut Kursi Ketua DPRD Jatim dari PKB DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar tasyakuran atas kemenangan di Pileg dan Pilpres serentak 2019 di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim. foto: DIDI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PDI Perjuangan berhasil merebut kursi Ketua DPRD Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai berlambang Banteng Moncong Putih itu berhak atas kursi Ketua DPRD Jatim periode 2019-2024 setelah menjadi jawara dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Jatim. PDIP Jatim menempati peringkat pertama perolehan suara dengan meraih 27 kursi atau 22,5 persen dari total 120 kursi di DPRD Jatim.

Perolehan 27 kursi tersebut melonjak dibanding hasil Pemilu 2014. Pada pemilu 2014, PDIP meraih 19 kursi atau hanya beda 1 kursi dengan PKB yang saat itu meraih 20 kursi. Karena keberhasilan itu, DPD PDI Perjuangan Jatim menggelar tasyakuran di kantor DPD PDIP Jatim.

“Alhamdulillah, rekapitulasi KPU Jatim sudah selesai. PDIP menang dengan meraih 27 kursi DPRD Jatim. Ini kemenangan ganda, karena kita juga menang di Pilpres. Karena itu kita menggelar tasyakuran atas raihan ini," tutur Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi kepada wartawan di kantor DPD PDIP Jatim, Minggu (12/5).

Kusnadi menerangkan karena PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak di DPRD Jatim, maka secara otomatis berhak mendapat kursi Ketua DPRD Jatim. Namun soal siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Jatim, Kusnadi tidak bisa menjawab karena penunjukan itu wewenang Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Kusnadi mengungkapkan, siapapun yang ditunjuk menjadi Ketua DPRD Jatim akan didukung oleh DPD dan Fraksi PDI Perjuangan. Sebab hal itu sesuai mekanisme yang berlaku di PDI Perjuangan.

"Penunjukkan Ketua DPRD Jatim menjadi wewenang DPP. Siapapun harus siap mendapat penugasan tersebut, termasuk saya, Mbak Untari atau Mbak Tari (Hari Putri Lestari). Kita akan dukung siapapun yang ditunjuk partai," tegas Kusnadi.

Politikus berlatar dosen itu menambahkan, PDIP juga menjadi jawara di tingkat kabupaten/kota dengan menang di 18 daerah dari total 38 kabupaten/kota di Jatim. Adapun 20 kabupaten/kota dibagi oleh parpol-parpol lainnya.

“PDIP juga ikut mengantarkan kemenangan 65,7 persen bagi Pak Jokowi, dan meraih 20 kursi untuk DPR RI,” ujar mantan dosen Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tersebut.

Untuk DPRD Jatim, menurutnya, prestasi ini merupakan kali pertama dalam sejarah PDIP meraih suara terbesar di Jatim. Sehingga bisa dipastikan PDIP akan mengirim wakilnya menjadi ketua DPRD Jatim periode 2019-2024.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO