Selasa, 26 Mei 2020 06:50

Safari Ramadan, PWI Lamongan Ziarahi Makam Wali

Minggu, 12 Mei 2019 20:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Safari Ramadan, PWI Lamongan Ziarahi Makam Wali
Sejumlah wartawan PWI Lamongan foto bersama di makam Sunan Gresik.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan mengawali kegiatan safari Ramadhan tahun ini dengan dengan berziarah ke 5 makam Waliyullah yang ada di Jawa Timur. 

Rombongan Safari Ramadhan ke wisata religi ini dipimpin langsung oleh ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto, berangkat dari kantor PWI di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 27 A Lamongan, Sabtu (11/5).

Titik pertama, rombongan PWI singgah di Makam Sunan Ampel, Surabaya. Sebelum ziarah ke makam Sunan Ampel, rombongan wartawan ini terlebih dahulu melakukan sholat dhuha berjamaah di Masjid Sunan Ampel yang dipimpin oleh Nur Qomar Hadi, wartawan Bangsaonline.com. 

Selanjutnya diteruskan dengan ziarah ke makam Sunan Ampel untuk mendoakan penyebar Islam di Surabaya dan sekitarnya ini, yang diawali dengan membaca surat yasin lalu dilanjut baca tahlil dan doa.

Usai dari makam Sunan Ampel, rombongan langsung meneruskan perjalanannya ke Gresik untuk ziarah ke Makam Sunan Giri dan makan Syeikh Maulana Malik Ibrahim. Di makam Sunan Bonang ini, rombongan terlebih dahulu melakukan sholat duhur berjamaah.

"Alhamdulillah kita datang, tidak lama kemudian kita sholat duhur berjamaah di masjid Sunan Giri," katanya.

Usai sholat duhur, rombongan ziarah ke makam Sunan Giri yang posisinya persis ada di belakang masjid. Seperti sebelumnya, wartawan ini membaca surat yasin dilanjut tahlil dan berdoa.

Kemudian rombongan menuju makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim, yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota Gresik, lalu dilanjut ke makam Sunan Drajat yang ada di Paciran Lamongan.

"Alhamdulillah lagi kita sampai di Makam Drajat, sekitar 10 menit kemudian adzan Ashar, akhirnya kita bisa sholat berjamaah di Musolah Sunan Drajat," kata Febri yang mengaku cukup beryukur dalam kegiatanya ini selalu dimudahkan oleh Allah SWT.

Usai dari Makam Sunan Drajat, dilanjut ke makam Sunan Bonang. Usai mendarat di bumi wali ini, rombongan langsung ziarah, lalu dilanjut buka bersama dengan sholat magrib berjamaan di Musolah Sunan Bonang yang persis ada disamping Masjid Sunan Bonang.

Kegiatan ini, kata Febri, sebagai program tahunan PWI Lamongan setiap bulan Ramadhan. Diharapkan dengan ziarah ini, selain ikut mendoakan yang sudah meninggal, ziarah ini dilakukan agar para wartawan bisa mengambil pelajaran dengan apa yang sudah dilakukan oleh para wali sebelumnya.

"Tentu ada pelajaran yang bisa dipetik dari wisata religi yang sudah kita lakukan ini, agar dalam menjalankan profesinya sebagai wartawan sehari-harinya untuk senantiasa mengedepankan nilai-nilai kebenaran," pungkasnya. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...