Senin, 22 Juli 2019 07:28

Tol Pandaan-Malang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 01:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Tol Pandaan-Malang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran
Ir. Gatot Sulistyo Hadi, Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim. foto: DIDAY/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Warga Jawa Timur bisa melaksanakan mudik lebaran lebih nyaman tahun ini. Terutama mereka yang pulang kampung ke arah Malang. Pasalnya jalan Tol Pandaan-Malang siap dioperasionalkan pada Lebaran tahun ini.

Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Diharapkan pada minggu ketiga bulan Mei, seluruh pembangunan jalan tol Pandaan-Malang sudah tuntas.

"Progres tol Pandaan-Malang sudah 80 persen. Karena 80 persen itu anggapannya seksi 4 dan 5. Seksi 1, 2 dan 3 sudah selesai," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi kepada wartawan di kantor Pemprov Jatim, Kamis (9/5).

Gatot mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan tol Pandaan-Malang yang keluarnya di Karanglo agar diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kalau Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum tidak bisa, maka diusulkan untuk diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Namun, kalau tidak bisa diresmikan, tol Pandaan-Malang akan tetap difungsionalkan.

"Seandainya dioperasionalkan, itu pun hanya itu hanya seksi 1, 2 dan 3. Sedangkan seksi 4 difungsionalkan, tapi turun di Pakis. Kalau pun diresmikan, berarti juga tetap difungsionalkan sampai Pakis," paparnya.

Gatot berharap saat lebaran nanti di underpass Karanglo juga bisa selesai. Dengan demikian, pada minggu ketiga Mei ini, Karanglo bisa diselesaikan.

"Underpass itu sebenarnya bukan bagian dari pengerjaan jalan tol. Tapi, pembiayaan dari pekerjaan kegiatan itu masuk jalan tol," jelasnya.

"Untuk underpass, lanjutnya, baru satu jalur dulu yang dioperasionalkan. Makanya satu jalur jurusan Malang-Surabaya, itu satu jalur dua lajur dengan memasang panel di sisi timur. Setelah selesai baru pindah lagi dari jalur Surabaya ke Malang. Kalau lebaran dua-duanya dioperasionalkan," tandasnya.

Di sisi lain, Gatot memastikan seluruh jalan provinsi dijamin tidak ada yang berlubang. Semua jalan termasuk jalan provinsi H-10 dan H+10 tidak ada kerjaan penanganan jalan.

"Kalau angkutan BBM di tengah rast area itu sudah tercukupi semua," pungkas penerima PWI Jatim Award 2019 kategori tokoh percepatan infrastruktur daerah ini. (mdr/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...