Jumat, 07 Mei 2021 23:40

Tol Pandaan-Malang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 01:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Tol Pandaan-Malang Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran
Ir. Gatot Sulistyo Hadi, Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim. foto: DIDAY/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Warga Jawa Timur bisa melaksanakan mudik lebaran lebih nyaman tahun ini. Terutama mereka yang pulang kampung ke arah Malang. Pasalnya jalan Tol Pandaan-Malang siap dioperasionalkan pada Lebaran tahun ini.

Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Diharapkan pada minggu ketiga bulan Mei, seluruh pembangunan jalan tol Pandaan-Malang sudah tuntas.

"Progres tol Pandaan-Malang sudah 80 persen. Karena 80 persen itu anggapannya seksi 4 dan 5. Seksi 1, 2 dan 3 sudah selesai," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi kepada wartawan di kantor Pemprov Jatim, Kamis (9/5).

Gatot mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan tol Pandaan-Malang yang keluarnya di Karanglo agar diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kalau Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum tidak bisa, maka diusulkan untuk diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Namun, kalau tidak bisa diresmikan, tol Pandaan-Malang akan tetap difungsionalkan.

BACA JUGA : 

Coba Kelabui Petugas, Dua Pemudik Cantik asal Surabaya Dihadang di Tuban

​Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Hanya Layani Perjalanan Mendesak dan Kepentingan Non Mudik

Dirlantas Polda Jatim dan Kapolres Ngawi Pimpin Penyekatan di Pintu Tol, Halau Kendaraan Luar Jatim

Dua Kapolres Cek Lokasi Penyekatan Pemudik di Kecamatan Kandangan

"Seandainya dioperasionalkan, itu pun hanya itu hanya seksi 1, 2 dan 3. Sedangkan seksi 4 difungsionalkan, tapi turun di Pakis. Kalau pun diresmikan, berarti juga tetap difungsionalkan sampai Pakis," paparnya.

Gatot berharap saat lebaran nanti di underpass Karanglo juga bisa selesai. Dengan demikian, pada minggu ketiga Mei ini, Karanglo bisa diselesaikan.

"Underpass itu sebenarnya bukan bagian dari pengerjaan jalan tol. Tapi, pembiayaan dari pekerjaan kegiatan itu masuk jalan tol," jelasnya.

"Untuk underpass, lanjutnya, baru satu jalur dulu yang dioperasionalkan. Makanya satu jalur jurusan Malang-Surabaya, itu satu jalur dua lajur dengan memasang panel di sisi timur. Setelah selesai baru pindah lagi dari jalur Surabaya ke Malang. Kalau lebaran dua-duanya dioperasionalkan," tandasnya.

Di sisi lain, Gatot memastikan seluruh jalan provinsi dijamin tidak ada yang berlubang. Semua jalan termasuk jalan provinsi H-10 dan H+10 tidak ada kerjaan penanganan jalan.

"Kalau angkutan BBM di tengah rast area itu sudah tercukupi semua," pungkas penerima PWI Jatim Award 2019 kategori tokoh percepatan infrastruktur daerah ini. (mdr/rev)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...