Harga Sejumlah Komoditas di Pasar Legi Kota Blitar Fluktuatif di Awal Ramadan

Harga Sejumlah Komoditas di Pasar Legi Kota Blitar Fluktuatif di Awal Ramadan Salah satu pedagang yang menjual sayur mayur dan bumbu dapur di Pasar Legi Kota Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Harga sejumlah komoditas seperti bawang putih, cabai, sayur mayur, dan daging ayam di Pasar Legi Kota Blitar masih cenderung fluktuatif di awal Ramadhan. Harga sejumlah komoditas ini masih belum stabil. Ada yang turun, ada yang mulai merangkak naik.

Menurut sejumlah pedagang di Pasar Legi Kota Blitar, fluktuasi harga ini wajar terjadi mulai beberapa hari sebelum Ramadan hingga memasuki awal Ramadan.

Seperti komoditas bawang putih yang mengalami penurunan hampir 50 persen. Saat ini harga Bawang Putih eceran di kisaran Rp 35.000 hingga Rp 36.000 per kilogram. Padahal seminggu lalu harga bawang putih tembus hingga Rp 60.000 per kilogram. Bawang merah juga turun harga dari Rp 22.000 menjadi Rp 20.000 per kilogram.

Sementara harga komoditas sayur mayur dan bumbu dapur mulai merangkak naik. Di antaranya cabai rawit dari harga Rp 14.000 naik menjadi Rp 18.000 per kilogram, cabai merah besar dari Rp 28.000 naik menjadi Rp 32.000 per kilogram dan tomat dari harga semula Rp 5.000 kini naik menjadi Rp 10.000 per kilogram.

"Kenaikan sudah seminggu ini. Penyebabnya karena tidak ada barang," ungkap Sujiati salah satu pedagang sayur mayur dan bumbu dapur di Pasar Legi Kota Blitar, Kamis (9/5/2019).

Untuk daging ayam harganya cenderung stabil. Kenaikan dan penurunan harga hanya di kisaran Rp 500 per kilogramnya. "Sekarang per kilonya Rp 35.000, tapi permintaan cenderung turun. Sebelum Ramadan harganya sama, tapi permintaan tinggi. Diperkirakan nanti jelang hari raya naik lagi," tutur Rina penjual daging ayam. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO