Pastikan Distribusi Air ke Sawah Lancar, DPU-SDA Malang Perbaiki Saluran Irigasi

Pastikan Distribusi Air ke Sawah Lancar, DPU-SDA Malang Perbaiki Saluran Irigasi Plt Kepala DPU SDA Kabupaten Malang, Avicenna.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (DPU-SDA) Kabupaten Malang terus melaksanakan program pembangunan maupun perawatan saluran irigasi di lokasi pertanian.

Kali ini giliran saluran irigasi di Desa Jeru, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Irigasi tersebut selama dua bulan belakangan ini telah selesai dilakukan perbaikan. Tidak hanya itu, papan larangan untuk tidak membuang sampah di lokasi irigasi pun juga sudah terpasang.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan air yang mengalir ke lahan pertanian tidak akan menimbulkan bau maupun pencemaran lingkungan di lahan pertanian.

Perbaikan yang dilakukan Dinas PU SDA serta larangan membuang sampah di saluran irigasi juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di kala musim hujan.

Selain perbaikan saluran irigasi, Dinas PU SDA juga memperbaiki plengsengan yang ada di Desa Jeru, Kecamatan Tumpang. Hasil perbaikan tersebut saat ini sudah dapat dirasakan oleh warga masyarakat sekitar.

"Saya merasa terbantu dengan perbaikan saluran ini mas, karena selain sudah diperbaiki, juga sudah terpasang papan larangan membuang sampah di saluran irigasi. Semoga warga lainnya tidak akan membuang sampah ke saluran irigasi lagi," terang salah satu warga sekitar lokasi plengsengan saat ditemui awak media.

"Kami atas nama masyarakat di sini sangat berterima kasih dengan perbaikan dari pemerintah, karena dengan perbaikan dan pemasangan papan larangan membuang sampah di saluran air, diharapkan nantinya lingkungan Desa Jeru, Kecamatan Tumpang menjadi bersih dan nyaman," tambahnya.

Sementara Plt Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang Avicenna mengatakan, perbaikan saluran irigasi tersebut merupakan upaya pihaknya untuk memastikan distribusi air terhadap lahan sawah di 33 kecamatan di Kabupaten Malang berjalan lancar. "Perbaikan dan pemasangan papan larangan membuang sampah dirasa perlu agar semua sawah bisa teraliri dengan air yang bersih," ungkapnya Rabu (8/5).

"Selain itu, peningkatan jaringan irigasi tersebut sangat dibutuhkan oleh para petani. Dan semua itu untuk membantu para petani guna meningkatkan produktivitas pertanian mereka dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan di tingkat nasional," imbuh dia. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO