Jumat, 24 Mei 2019 18:53

​Khofifah Ajak 100 Anak Yatim Buka Puasa Bersama ASN Pemprov Jatim

Selasa, 07 Mei 2019 22:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Khofifah Ajak 100 Anak Yatim Buka Puasa Bersama ASN Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berbuka puasa bersama dengan ASN Pemprov Jatim dimasjid Baitul Hamdi. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Hari kedua Ramadhan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali membuat gebrakan dengan menggelar buka puasa bersama (bukber) 100 anak yatim dengan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemprov Jatim dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kesempatan itu, Gubernur didampingi Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dan Sekdaprov Heru Tjahjono memberi santunan kepada 100 anak yatim di kantor Gubernur jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (7/5) petang.

"Alhamdulillah, kegiatan ini bisa saling mengakrabkan antar ASN, dan ternyata yang pertama kali diadakan pemprov," tutur Khofifah.

Acara diawali dengan santunan 100 anak yatim dari 10 yayasan panti asuhan dan sambutan Ketua Panitia Kabag Kesos Moh Isa, dilanjut dengan kuliah tujuh menit (Kultum) oleh Prof Dr Ali Aziz di Masjid Baitul Hamdi kompleks kantor Gubernur Jatim.

Guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya dalam ceramahnya mengatakan bahwa puasa bisa dibagi dua, yakni puasa minimalis dan puasa maksimalis.

“Puasa minimalis itu tidak makan dan minum serta tidak tidur (kumpul) sama istri,” ujar Prof Dr Ali Aziz.

Sedangkan puasa maksimalis, lanjut Prof Dr Ali Aziz, selain tidak makan, minum, dan kumpul istri juga bisa menjaga mulut, pendengaran, dan mata, supaya tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

“Kalau bisa, selama puasa kita berahlak seperti Allah yang suka memberi dan menolong orang yang membutuhkan serta setiap saat berfikir untuk bermanfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

Usai sholat Maghrib berjamaah, Gubernur Khofifah menuju gedung Bhinaloka bersama Sekdaprov Jatim dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. Sementara para ASN dan masyarakat sekitar buka dengan menu kolak pisang dan kurma Ajwa. Juga ada menu soto dan nasi goreng yang telah disediakan Pemprov Jatim.

Sejumlah ASN mengaku senang karena baru pertama kali bisa buka bersama dengan seluruh pegawai dan Gubernur Jatim.

“Ini kegiatan bermanfaat khususnya untuk saling mengakrabkan antar sesama ASN dan pimpinan. Apalagi di bulan yang baik ini, bisa menambah ketakwaan dan pahala," imbuh Gatot Sulistyohadi, Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...