Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Lamongan Diwarnai Suara Caleg Tertukar

Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Lamongan Diwarnai Suara Caleg Tertukar Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali didampingi Tim Bawaslu melakukan pengecekan suara caleg yang tertukar.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan diwarnai dengan tertukarnya suara calon legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) 5 untuk pemilihan DPRD Kabupaten Lamongan. Surat suara tertukar antar caleg satu partai itu terjadi di TPS Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, Lamongan.

Ketua KPU Kabupaten Lamongan Imam Ghozali membenarkan saat rekapitulasi terjadi peristiwa suara caleg yang tertukar. Setelah ada rekomendasi dari Bawaslu Lamongan, berdasarkan dari pengaduan dari salah satu caleg, langsung dilakukan pengecekan dan langsung dilakukan pembenaran.

Dijelaskan Ghozali, caleg tersebut menemukan suaranya tertukar di TPS Desa Tejoasri. Kemudian yang bersangkutan menyampaikan dengan bukti C1 Plano yang seharusnya dia mendapatkan 12 suara, namun di DAA hasil PPK mendapatkan suara nol. Selanjutnya oleh Bawaslu dilakukan kajian dan diminta untuk mengecek data asal, yaitu dengan membuka C1 Plano dan hasilnya ditemukan ada pertukaran suara. 

"Jadi caleg nomer satu PAN di dapil tersebut yang seharusnya mendapatkan nol, ternyata dapat 12. Dan yang nomer dua seharusnya dapat 12 suara, tetapi dapat nol. Terbalik, tetapi sudah dibetulkan dan itu murni human error," jelasnya.

Terjadinya suara caleg tertukar tersebut, hingga saat ini hanya di satu partai. "Hanya di satu partai saja tadi yang terjadi seperti itu, yakni partai nomer 12 Partai Amanah Nasional (PAN)," ungkap Ghozali.

"Prinsipnya jika ada hal serupa, kami KPU terbuka dan berupaya semaksimal dan setransparan mungkin, dan akuntabilitas kami siap mempertanggungjawabkan. Jadi kalau nanti misalkan ada pengaduan, kita memepersilakan untuk menyampaikan dan kita upayakan semaksimal mungkin untuk kita betulkan," tandas Ghozali.

Pada hari kedua rekapitulasi, sudah menyelesaikan rekap 10 Kecamatan. Sementara untuk 3 Kecamatan sedang berlangsung hingga sore ini.

"Dihari kedua ini nanti kita akan menyelesaikan rekapitulasi 20 kecamatan. Dan hari ini tiga kecamatan berjalan. Tiga kecamatan yang berjalan sekarang itu antara lain Lamongan, Laren, dan Maduran," tambah Ghozali.

Rekapitulasi tingkat Kabupaten oleh ditargetkan selesai Jum'at (3/5) besok. "Kita upayakan besok malam sudah selesai. Hari ini kita targetkan 10 kecamatan, ternyata sudah selesai," katanya.

Dari data sementara perolehan suara Pilpres 2019 di Lamongan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan perolehan suara 193.825 suara. Sementara paslon nomer urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh 101.324. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO