Minggu, 15 September 2019 21:53

Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Lamongan Diwarnai Suara Caleg Tertukar

Kamis, 02 Mei 2019 15:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Lamongan Diwarnai Suara Caleg Tertukar
Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali didampingi Tim Bawaslu melakukan pengecekan suara caleg yang tertukar.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan diwarnai dengan tertukarnya suara calon legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) 5 untuk pemilihan DPRD Kabupaten Lamongan. Surat suara tertukar antar caleg satu partai itu terjadi di TPS Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, Lamongan.

Ketua KPU Kabupaten Lamongan Imam Ghozali membenarkan saat rekapitulasi terjadi peristiwa suara caleg yang tertukar. Setelah ada rekomendasi dari Bawaslu Lamongan, berdasarkan dari pengaduan dari salah satu caleg, langsung dilakukan pengecekan dan langsung dilakukan pembenaran.

Dijelaskan Ghozali, caleg tersebut menemukan suaranya tertukar di TPS Desa Tejoasri. Kemudian yang bersangkutan menyampaikan dengan bukti C1 Plano yang seharusnya dia mendapatkan 12 suara, namun di DAA hasil PPK mendapatkan suara nol. Selanjutnya oleh Bawaslu dilakukan kajian dan diminta untuk mengecek data asal, yaitu dengan membuka C1 Plano dan hasilnya ditemukan ada pertukaran suara. 

"Jadi caleg nomer satu PAN di dapil tersebut yang seharusnya mendapatkan nol, ternyata dapat 12. Dan yang nomer dua seharusnya dapat 12 suara, tetapi dapat nol. Terbalik, tetapi sudah dibetulkan dan itu murni human error," jelasnya.

Terjadinya suara caleg tertukar tersebut, hingga saat ini hanya di satu partai. "Hanya di satu partai saja tadi yang terjadi seperti itu, yakni partai nomer 12 Partai Amanah Nasional (PAN)," ungkap Ghozali.

"Prinsipnya jika ada hal serupa, kami KPU terbuka dan berupaya semaksimal dan setransparan mungkin, dan akuntabilitas kami siap mempertanggungjawabkan. Jadi kalau nanti misalkan ada pengaduan, kita memepersilakan untuk menyampaikan dan kita upayakan semaksimal mungkin untuk kita betulkan," tandas Ghozali.

Pada hari kedua rekapitulasi, KPU Lamongan sudah menyelesaikan rekap 10 Kecamatan. Sementara untuk 3 Kecamatan sedang berlangsung hingga sore ini.

"Dihari kedua ini nanti kita akan menyelesaikan rekapitulasi 20 kecamatan. Dan hari ini tiga kecamatan berjalan. Tiga kecamatan yang berjalan sekarang itu antara lain Lamongan, Laren, dan Maduran," tambah Ghozali.

Rekapitulasi tingkat Kabupaten oleh KPU Lamongan ditargetkan selesai Jum'at (3/5) besok. "Kita upayakan besok malam sudah selesai. Hari ini kita targetkan 10 kecamatan, ternyata sudah selesai," katanya.

Dari data sementara perolehan suara Pilpres 2019 di Lamongan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan perolehan suara 193.825 suara. Sementara paslon nomer urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh 101.324. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...