Gandeng LSP Parnas, ​Disparbud Pamekasan Gelar Uji Kompetensi Housekeeping

Gandeng LSP Parnas, ​Disparbud Pamekasan Gelar Uji Kompetensi Housekeeping

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perhotelan di Kabupaten Pamekasan khususnya di bidang Housekeeping, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Nasional (LSP Parnas) Surabaya mengadakan uji kompetensi profesi khusus Housekeeping selama dua (2) hari dari tanggal 5-6 April 2019.

Untuk hari pertama uji kompetensi profesi diawali dengan Bimtek untuk memberikan pembekalan terhadap para peserta yang berjumlah 20 housekeeper dari utusan masing-masing hotel. Sedangkan di hari kedua dilakukan uji kompetensi profesi sebagai housekeeping.

"Kegiatan ini menghadirkan pemateri dan penguji baik master asesor dan asesor yang berpengalaman," tutur Kadisparbud melalui Kabid Pariwisata Pamekasan Halifaturahman.

Menurut Halifaturahman, uji kompetensi itu penting karena Housekeeping merupakan bagian perhotelan yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, perbaikan, maupun dekorasi hotel.

"Untuk itu, para housekeeper hotel harus lebih meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam bidangnya," ujar Mamang sapaan akrabnya.

Mamang menganggap hotel merupakan pintu pertama bagi pariwisata di Kabupaten Pamekasan. Sebab, apabila pelayanan hotel maksimal dan profesional, maka wisatawan akan lebih lama tinggal di Pamekasan.

"Dengan pelayanan yang profesional, nyaman, ramah, akan menambah nilai lebih pariwisata kita di mata masyarakat luar daerah," katanya. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO